Subscribe Us

Komisi III DPRD Muba Belum Terima SK KLHK Terkait Dicabutnya Sejumlah Izin Perusahaan di Muba


Musi Banyuasin, LapartaNews - Sumsel, Komisi III DPRD Muba belum menerima surat resmi terkait dicabutnya izin operasional sejumlah perusahaan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Hal ini diungkapkan ketua Komisi III DPRD Muba, Afitni Junaidi Gumay, SE, saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Forum Komunikasi Lintas Organisasi (FKLO) Musi Banyuasin, diruang Rapat Komisi III DPRD Muba, Senin (14/3/2022).

Afitni menerangkan, secara umum DPRD Muba telah mendapatkan informasi tersebut, baik melalui media masa maupun informasi yang beredar ditengah masyarakat, terkait Surat Keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait dicabutnya izin izin tersebut. Dan sejumlah upaya juga sudah dilakukan DPRD Muba khususnya Komisi III dengan menjemput bola melalui instansi terkait.

"Karena Dinas kehutanan tidak ada ditingkat kabupaten, kami telah berkunjung ke BPKH Sumsel dan BKSDA Sumsel menanyakan surat pencabutan izin tersebut. Ternyata ditingkat provinsi dokumen yang dimaksud juga belum ada," kata Afitni.

Satoto Waliun perwakilan FKLO, berharap DPRD Muba lebih serius menyikapi dicabutnya izin operasional sejumlah perusahaan Perkebunan dan Pertambangan di Muba,  karena akan menimbulkan berbagai persoalan yang merugikan negara dan mengancam Kamtibmas.

"Kami meminta jika memang belum ada surat keputusan ditingkat provinsi agar menjemput bola ke KLHK. Hal ini penting karena ada potensi konflik diatas puluhan ribu hektar lahan tak bertuan tersebut," kata Ketua LMP Macab Muba tersebut. 

Senada dengan statement Ketua Komisi III DPRD Muba, Andi Wijaya Busro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muba, mengaku secara resmi juga belum menerima SK 01 KLHK tersebut. Pihaknya sudah memanggil sejumlah perusahaan yang dimaksud dalam SK 01 tersebut dan sudah mengklarifikasi perusahaan perkebunan dan pertambangan tersebut.

"Jadi ada dua klarifikasi dari SK 01 ini, ada yang dicabut izinnya dan ada yang di Evaluasi. Disamping itu ada lahan PT Hindoli blok 1 dan blok 2 seluas 15.500 hektar yang merupakan kawasan hutan dan dikembalikan ke negara," ucapnya.

Ia menerangkan, beberapa perusahaan yang dicabut izinnya ternyata mengajukan keberatan, karena menurut mereka ada kekeliruan dalam pencabutan izinnya. Selanjutnya keberatan tersebut juga sudah disampaikan ke KLHK.

"Untuk PT Lais Batubara Persada, PT Muba Coal Mine dan PT Sepakat Siantar saat ini tengah mengajukan surat keberatan dan kita tunggu jawabannya," pungkas Andi Wijaya Busro.(ril/ags)

Posting Komentar

0 Komentar