Subscribe Us

Walikota Prabumulih Minta Wartawan Tidak Sentimen Dalam Pemberitaan

Walikota Prabumulih didampingi Ketua PWI dan segenap pengurus foto bersama usai pelantikan

Prabumulih, Laparta News - Sebagai mitra pemerintah, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM meminta kepada seluruh wartawan untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri kegiatan pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Prabumulih masa bakti 2018-2021 resmi dilantik, Senin (19/11) di Gedung Kesenian Rumah Dinas Walikota Prabumulih.

Menurut orang nomor satu di Kota Seinggok Sepemunyian ini menegaskan, pihaknya tidak pernah menutup diri terhadap wartawan yang melakukan peliputan. Mengingat segala kegiatan pemerintahan perlu publikasi untuk diketahui masyarakat melalui berita yang disampaikan disejumlah media baik cetak, televisi maupun online.

"Silahkan sampaikan informasi kepada masyarakat melalui pemberitaan. Namun dalam menyajikan berita wartawannya jangan sentimen. Sehingga berita yang dimuat akan memancing opini berlebihan di tengah masyarakat dan merugikan satu pihak. Kita selaku pemerintah sangat terbuka dengan wartawan," tegasnya.

Masih kata Ridho, sebagai wartawan hendaknya bisa lebih bijak dan profesional dalam menulis dan menyampaikan berita kepada pembaca. Berita yang dibuat haruslah objektif sesuai dengan fakta dan data yang ada di lapangan. Sehingga berita yang disajikan tidak menimbulkan permasalahan. Karena menurutnya, pembaca saat ini lebih tertarik dengan berita-berita miring yang isinya banyak menyudutkan. Untuk itu ia meminta wartawan bisa bekerja lebih profesional.

"Apalagi beritanya negatif, begitu cepat viral dan mendapatkan komentar yang tidak pantas dari pembaca. Kami pemerintah siap menerima kritikan dan saran dari rekan-rekan media. Sehingga hubungan baik antara wartawan dengan pemerintah tetap terus terjaga dengan baik," ungkapnya.

Ketua PWI Sumsel H Oktaf Priyadi yang diwakili oleh Sekretaris Firdaus Komar, menambahkan tugas pokok wartawan sebagai fungsi kontrol sosial harus dijalankan sebaik mungkin. Setiap pemberitaan yang disampaikan harus bisa dipertanggungjawabkan.

"Wartawan adalah mitra pemerintah yang akan mengawasi dan menyampaikan seluruh informasi kepada publik sesuai dengan fakta. Untuk itu tugas dan fungsi wartawan sebagai kontrol sosial harus tetap melekat pada pemerintah maupun masyarakat," bebernya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua PWI Kota Prabumulih, Mulwadi mengaku siap mengemban amanah yang telah dipercayakan kepada dirinya. Sebagai ketua PWI terpilih ia meminta kepada seluruh pengurus untuk sama-sama menjaga dan menjalankan fungsi PWI sesuai koridornya.

Nama baik PWI ada pada kita semua. Untuk itu, mari kita saling koreksi diri dalam menjalankan amanah ini. Saya  berharap dengan kepemimpinan saya ini dapat memberikan dampak positif agar PWI bisa lebih maju lagi kedepannya," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar