Subscribe Us

Pemkab PALI Terus Upayakan Peningkatan Pelayanan Masyarakat

Bupati PALi menyambut kedatangan Gubernur Sumsel

PALI ( LapartaNews) - Bupati Ir H Heri Amalindo mengatakan bahwa sejak ia memimpin Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hingga Bumi Serepat Serasan kini menginjak  usia enam tahun. Sebagai daerah yang baru berkembang, Pemkab PALI terus berupaya memaksimalkan pelayanan dasar masyarakat yang merupakan prioritas utama bagi kabupaten tersebut.
Bupati PALI Ir H Heri Amalindo bersama Gubernur Sumsel foto bersama sejumlah camat dan lurah

Hal itu sebagaimana disampaikannya pada Rapat Paripurna DPRD PALI dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten PALI ke-6 tahun 2019, di Gedung Arsendora Komperta Pendopo, Senin (22/4/2019).

Menurut Heri, pencapaian tersebut terbukti dari terus meningkatnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) PALI pada 2014 yang hanya sebesar Rp467 Miliar, lalu terus meningkat hingga pada 2019 ini bisa mencapai Rp1,67 Triliun.
Gubernur Sumsel lakukan pemotongan nasi tumpeng di hari jadi Kabupaten PALI

“Anggaran tersebut kemudian kita prioritaskan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dengan kategori pelayanan dasar. Seperti perbaikan infrastruktur dan sektor lain yang dibutuhkan langsung oleh masyarakat,” urainya.

Dari upaya tersebut, lanjut Heri diperoleh angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2018 sebesar 63,19 meningkat sebesar 0,65 dari tahun 2017 yakni sebesar 62,58. Sedangkan angka kemiskinan di 2018 sebesar 13,85% turun dari tahun 2017 yaitu sebesar 14,53%.
Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi istri saat meninjau produksi kain batik yang merupakan siri khas Kabupaten PALI

“Meskipun indikator kinerja menunjukkan peningkatan, namun ada yang masih menjadi fokus perhatian kami, yaitu angka kemiskinan. Meskipun sudah dapat kami turunkan sebesar 0,71%, tetapi tetap berada di atas rata-rata provinsi. Demikian juga dengan Indeks Pembangunan Manusia. Meskipun sudah meningkat sebesar 0,65% tetap berada pada urutan terendah di provinsi Sumatera Selatan,” bebernya.

Oleh karena itu, untuk menurunkan angka kemiskinan, sekaligus mendukung program pemerintah Sumatera Selatan, dalam menurunkan angka kemiskinan menjadi satu digit. Bupati mengatakan akan memfokuskan melalui program pemberdayaan masyarakat di sektor industri kreatif serta pengembangan di sektor pertanian.
Suasana Rapat Paripurna DPRD PALI dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten PALI ke-6 tahun 2019, di Gedung Arsendora Komperta Pendopo, Senin (22/4/2019).

“Sementara terkait dengan IPM, faktor yang paling menjadi PR masih rendahnya angka rata-rata lama sekolah. Untuk itu yang kami lakukan adalah dengan meningkatkan program penyetaraan fungsional paket A, B dan C. Dimana di tahun 2018 kami melaksanakan sebanyak 10 ribu orang peserta,” tandasnya.

Rapat paripurna yang dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H Herman Deru dan istri, pimpinan dan anggota DPRD PALI, serta para undangan lainnya itu berlangsung sejak pukul 10.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB, dan dilanjutkan dengan peninjauan pameran PALI Expo di Gelora November, Komperta Pendopo Talang Ubi. (LN 02/ adv)

Posting Komentar

0 Komentar