Subscribe Us

Idap Diabetes Melitus, Pasien Covid-19 Warga Banuhampu Masih Jalani Isolasi


Agam, LapartaNews-Pasien Covid-19 inisial HAK (42) warga Sawah Paduan Jorong Padang Luar 1, Nagari Padang Luar Kecamatan Banuhampu yang terkonfirmasi Covid-19 Minggu (12/7) lalu, masih jalani isolasi di Rumah Sakit Rasidin Kota Padang. Informasi tersebut disampaikan Camat Banuhampu, Afdal, Rabu (29/7). 
Dikatakan, berdasarkan hasil kroscek di lapangan, HAK masih menjalani perawatan di RS Rasidin guna pemulihan Diabetes Melitus. “Kami sudah kroscek, beliau saat ini masih menjalani perawatan di RS Rasyidin, diketahui beliau mengalami penyakit gula,” ujarnya.
Informasi tersebut dibenarkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Agam, Tri Pipo, SKM, M.Kes, saat ditemui di ruang kerjanya.
Dikatakan Pipo, awalnya HAK terkonfirmasi Covid-19 dan dibawa ke Padang Besi untuk dikarantina karena berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Namun, setelah pemeriksaan lanjutan tim kesehatan di Padang Besi, didapati HAK mempunyai penyakit Diabetes Melitus.
“Awalnya dikarantina, namun setelah dicek tim di Padang Besi, beliau mengidap DM, jadi beliau dibawa ke RS Rasidin untuk diisolasi dan pengobatan DM,” ujarnya.
Dijelaskan lebih lanjut, jika kondisi pasien Covid-19 tanpa penyakit penyerta, dalam dua minggu pasien sudah bisa dinyatakan sembuh dengan menjalankan dua kali tes negatif Covid-19.
“Kalau pasien OTG, artinya tanpa ada penyakit lain, pasien akan bisa menjalani pemulihan melalui karantina, namun saudara HAK ada DM, jadi beliau harus menjalankan pengobatan DM di rumah sakit,” ulasnya. (AL) 

Posting Komentar

0 Komentar