Subscribe Us

Maksimalkan Pelayanan, Kepala UPTB Samsat Prabumulih Buat Gebrakan Samsat Corner


Prabumulih, LapartaNews - Guna meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat khususnya bagi wajib pajak kendaraan bermotor, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumsel untuk Samsat Kota Prabumulih membuat gebrakan baru yakni pembentukan Samsat Corner.

Kepala UPTB Samsat Prabumulih Ariswan Naromin SE MM menjelaskan, pihaknya sengaja membentuk terobosan ini dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan pajak. Hal ini dinilai penting mengingat kondisi jarak tempuh kantor pelayanan pajak kendaraan atau Samsat Prabumulih cukup jauh dari jangkauan masyarakat.

"Apalagi jumlah loket pelayanan juga terbatas, sehingga sering terjadi antrian panjang. Efektifnya urusan pelayanan pajak memakan waktu 10 atau 15 menit jadi bertambah panjang karwna keterbatasan loket pelayanan. Maka dari Samsat Corner ini kita rasa sangat perlu dihadirkan untuk memaksimalkan pelayanan," ujar Ariswan kepada awak media, Selasa (13/04/2021).

Masih kata Ariswan, pembentukan samsat corner ini telah disepakati dan mengantongi restu dari Gubernur Sumatera Selatan. Bahkan pihaknya pun juga sudah berkoordinasi dengan Walikota Prabumulih juga Bank Sumsel Babel serta Jasa Raharja.

"Untuk lokasinya sudah ditentukan di Pasar Tradisional Modern (PTM) 1 Kota Prabumulih. Sekarang tinggal menunggu sarana dan prasarana saja. Kita berharap Samsat Corner ini bisa segera dilonching dan diresmikan langsung oleh Gubernur Sumsel," jelasnya.

Dengan dilakukannya penambahan sarana pelayanan pajak ini, tentunya akan memberikan kemudahan bagi para wajib pajak sehingga akan berdampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Prabumulih dari sektor pajak.

"Apalagi di masa pandemi saat ini, masyarakat tidak perlu lagi antri panjang di kantor Samsat. Sehingga penyebaran covid-19 pun bisa diminimalisir," bebernya.

Tidak hanya di kantor Samsat Prabumulih, kehadiran Samsat Corner ini nantinya juga dapat mengurangi jumlah kerumanan dan antrian di setiap pelayanan Samsat Keliling (Samling).

"Pelayanan Samling tetap beroperasi seperti biasa. Hanya saja sistem pelayanan tentunya lebih maksimal di Samsat Corner, sama halnya di kantor Samsat Prabumulih. Mudah-mudahan dengan kehadiran Samsat Corner ini pelayanan yang kita berikan bisa lebih maksimal dan efektif," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar