Subscribe Us

9 Juni Menteri PPPA Sambangi Muba, Resmikan RP3


Sekayu, LapartaNews - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali gelar rapat pemantapan terkait Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi ke Kabupaten Muba.

"Menteri PPPA akan melakukan Kunker ke Kabupaten Muba pada 9 Juni 2021 mendatang, dengan agenda meresmikan pembentukan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) sebagai pilot Project di Indonesia pada sektor perkebunan," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Muba Dewi Kartika MSi pada rapat persiapan di Ruang Rapat Serasan Sekate, Jumat (4/6/2021).

Dikatakan Dewi, tujuan RP3 adalah untuk melaksanakan perlindungan dan pemenuhan hak bagi pekerja atau buruh dan pegawai perempuan, melalui mekanisme, dan serta koordinasi dalam penanganan masalah ketenagakerjaan, di tempat kerja. Oleh karena itu di Indonesia kita dijadikan pilot project sektor perkebunan, dalam hal ini di PT Hindoli untuk percontohan di Indonesia.

Lanjutnya, Pilot Project RP3 yang dibentuk di PT Hindoli menjadi satu-satunya di Indonesia untuk sektor perkebunan. Pada sektor lainnya pilot project RP3 yang dibentuk untuk sektor pertanian di Kabupaten Serdang Bergadai Sumatera Utara, sektor perikanan Kota Bitung Sulawesi Utara, perbankan di Jakarta, dan sektor pariwisata dibentuk di Kota Denpasar Bali.

"RP3 adalah kerja kolaborasi dari seluruh perangkat kerja dan perusahaan itu sendiri oleh karena itu, kita sudah membentuk tim interdis agar setelah peresmian ini akan terus berlanjut. Dalam tim ini, Dinsos, DPPPA, Serikat Kerja, Bagian Hukum, Dinas Perkebunan, dan Disnakertrans Muba," paparnya.

Dewi juga menjelaskan,  peresmian RP3 akan dilakukan oleh Menteri PPPA berlokasi di PT Hindoli Kecamatan Sungai Lilin. Setelah itu akan dilanjutkan pengukuhan Pengurus Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Rumah Cinta  berlangsung di Opproom Pemkab Muba.

"Nanti juga akan ada acara tambahan, Bu Menteri akan melakukan kunjungan ke Pameran Wirausaha Perempuan di Dekranasda Sekayu, serta talk show tentang perlindungan perempuan di perkebunan kelapa sawit dan produk kewirausahaan Gambo Muba," jelas Kepala DPPPA Muba.

Mewakili Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan H Zabidi SE MM memimpin rapat persiapan, dalam arahannya mengatakan untuk menyambut kedatangan Menteri PPPA, Kabupaten Muba sebagai tuan rumah, acara harus dipersiapkan dengan baik.

"Artinya persiapan harus maksimal, termasuk dari PT Hindoli harus dipastikan semuanya sudah siap. Saya minta OPD yang sudah di beri tugas sesuai surat tugas, agar bertanggung jawab dalam peran masing-masing serta tingkatkan koordinasi dan konsolidasi," pungkasnya.

Rapat turut dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba Sunaryo SSTP MM, perwakilan Kodim 0401 Muba, perwakilan Polres Muba, perwakilan dari PT Hindoli serta OPD di lingkungan Pemkab Muba. (ril/ags)

Posting Komentar

0 Komentar