Subscribe Us

Meriahkan Idul Adha, Gempar Matur Gelar Lomba Adzan Secara Virtual


 

Agam, LapartaNews-Meriahkan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2020 M, Generasi Matur Pembaharu (Gempar) Kecamatan Matur menggelar lomba adzan secara virtual.

Perlombaan menjaring calon mu’adzin masa depan yang diikuti seluruh pelajar SD dan SMP se-Kecamatan Matur itu sudah berlangsung sejak bulan lalu.

Acara puncak yakni berupa penyerahan hadiah kepada mu’adzin terbaik dilakukan pada saat perayaan hari Idul Adha.

Ketua Gempar Kecamatan Matur, Melvi Wardi didampingi Ketua Pelaksana, Fahri Ramadhan mengatakan, lomba adzan bertujuan memotivasi generasi muda dan melahirkan calon mu’adzin terbaik di masa mendatang.

“Kegiatan ini dibuka selama 1 bulan yang dilakukan secara online, peserta yang terdiri dari pelajar SD dan SMP dengan mengirimkan video sedang adzan,” ujarnya Selasa (20/7).

Dalam penilaian lanjut Melvi, pihaknya melibatkan juri pakar di bidang tajwid dan irama dari luar daerah. Seluruhnya dinilai dengan objektif dan sesuai kemampuan peserta.

“Dalam penilaian kita melibatkan juri dari Batusangkar, setelah nilai keluar, akan kita umumkan 1 hari menjelang Idul Adha dan penyerahan dilakukan pada saat Idul Adha,” lanjutnya.

Bagi peserta dengan nilai tertinggi 1, 2 dan 3 akan diberikan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan.

“Untuk juara 1 kita berikan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, juara 2 Rp 750 ribu dan juara 3 sebesar Rp 500 ribu,” terangnya

Lebih jauh dijelaskan, ide kegiatan lomba adzan secara online ini dilakukan mengingat kondisi Covid-19 yang masih melanda Kabupaten Agam, sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung.

“Meski pandemi tentu harus tetap ada kegiatan positif, kami mendapat ide bagaimana dilaksanakan secara online, ternyata banyak yang ikut,” ulasnya.

Dalam melaksanakan kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan Ketua DPRD Agam, Sekolah Islam Al-Azhar Bukittinggi dan Payakumbuh, Lawang Park serta DHN Advertising Pekanbaru.

“Alhamdulillah kegiatan positif ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, ini akan kita jadikan agenda rutin tahunan,” tutupnya. 

Posting Komentar

0 Komentar