Subscribe Us

Mulai 1 Agustus Kendaraan Besar Melintas di Jalan Kota Prabumulih


Prabumulih, LapartaNews - Terkait pengerjaan proyek Fly Over Patih Galung, terhitung 1 Agustus 2021 nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih akan melakukan pengalihan jalur kendaraan besar ke Jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, larangan dilakukan juga mengacu kepada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2021, yang mengatur kendaraan yang bisa melintas di Jalan Jendral Sudirman (jalan kota).

Sebelum terbitnya Perda telah ada Perwako Nomor 61 Tahun 2019 tentang ketentuan larangan kendaraan berat melintas Jalan Kota.

"Jadi jelas, dalam penegakan aturannya di jalan kota Prabumulih, telah ada Perdanya dalam hal ini merupakan suatu ketentuan yang berlaku,” terang Kadin Kominfo Prabumulih, Drs Mulyadi Musa M.Si, saat diwawancarai sejumlah wartawan, usia menghadiri acara Pemkot di Aula BLK Prabumulih, Jumat (30/7/2021).

Menurut Mulyadi, pengalihan jalan tersebut juga sebagai upaya Pemkot untuk menyukseskan pembangunan Fly Over.

“Yang secara jelas aturan dan ketentunannya untuk kendaraan yang bisa masuk jalan kota yaitu berdasarkan Perda,” sebutnya.

Lebih jelas ia menerangkan, semua kendaraan besar seperti truk yang ingin melintas baik dari Air Mancur maupun Tugu Nanas diwajibkan lewat jalur Lingkar.

“Untuk pengecualiannya hanya berlaku untuk kendaraan sembako dan bahan bakar minyak yang bongkar muat dalam kota, jadi kendaraan yang cuma lewat bukan bongkar di dalam kota tetap lewat jalan lingkar,” tegas Kadin Kominfo.

Disinggung tentang Instansi yang akan melakukan pengawasan dan pengalihan sesuai Perda, Pak Mul sapaannya menyebutkan, terkait itu Pemkot telah melakukan rapat koordinasi yang digelar di Ruang Rapat Lantai I Gedung Pemkot, Jumat (30/07) pagi tadi.

“Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas juga Dinas Pekerjaan Umum telah melakukan rapat bersama mengenai pengalihan jalur dan penegakan perda. Dan pastinya dalam mensukseskan pembangunan Fly Over ini, kerja sama dan dukungan bukan dari pemerintah dan kepolisian saja namun pastinya dari kita semua khususnya masyakat Prabumulih,” pungkasnya. (Ln01)

Posting Komentar

0 Komentar