Subscribe Us

Perluas Pemasaran Produk UMKM, Pemkot Prabumulih Gandeng PT Indomarco


Prabumulih, LapartaNews - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Prabumulih dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya kepada para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang ada di Kota Seinggok Sepemunyian.

Selain memberikan suport berupa bantuan peralatan usaha dan modal, kali ini Pemkot Prabumulih melalui Dinas Koperasi memberikan perhatian khusus kepada pelaku UMKM dalam hal pemasaran produk. Yakni dengan menggaet PT Indomarco untuk memasarkan berbagai jenis produk UMKM yang menjadi panganan khas asli Kota Prabumulih.

Tentunya melalui kerjasama ini diharapkan dapat menghidupkan UMKM. Sehingga pelaku UMkM tidak lagi khawatir dalam memasarkan produk yang dihasilkan.


"Alhamdulillah, ini adalah bentuk perhatian kita kepada para pelaku UMKM. Dengan kerjasama ini akan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Sehingga hasil penjualan pun diharapkan bisa semakin bertambah," ujar Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM saat membuka acara Lauonching Produk UMKM Kota Prabumulih di Indomaret Jensu 124 Prabumulih, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Selasa (13/07/2021).

Walikota dua periode ini mengaku, selama ini para pelaku UMKM memang terkendala dalam hal pemasaran produk. Padahal jenis produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM cukup banyak, bahkan diantaranya dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kota Prabumulih.

Meskipun pihaknya telah memiliki toko pusat oleh-oleh khas Prabumulih namun hal tersebut dinilai belum dianggap belum maksimal. Sehingga perlu inovas atau gagasan dalam memperluas pemasarannya.


"Ini merupakan awal mula supaya masyarakat luar Prabumulih bisa mengetahui makanan khas kota Prabumulih. Bahkan konsumen juga lebih mudah untuk mendapatkan produk khas Kota Prabumulih di Indomaret. Tidak hanya di Prabumulih saja, kita berharap produk asal Kora Prabumulih juga dipasarkan di seluruh Indomaret yang ada di Indonesia," imbuh Ridho.

Debuti Manager Indomarco Sumsel Firman Maulana menyebutkan, ada beberapa makanan khas Kota Prabumulih yang dipasarkan melalui Indomaret yang ada di kota Prabumulih. Diantaranya, ubi unggu, wajik nanas, pangsit nanas, kue selai nanas, keripik wortel dan pangsit wortel.


"Untuk sementara ini baru ada enam jenis varian makanan ringan yang ada di gerai Indomaret di wilayah Kota Prabumulih. Mudah-mudahan melaui kerjasama ini kita bisa memasarkan lebih luas lagi produk UMKM Kota Prabumulih," jelasnya.

Masih kata Firman Maulana, setiap produk UMKM yang dipasarkan tentunya terlebih dahulu harus memenuhi ketentuan standar kelayakan. Yakni produk yang akan dijual harus mencantumkan label halal, tanggal kadaluarsa serta izin dari IRP Dinas Perdagangan.

"Dari ke enam produk ini sudah memenuhi syarat, apalagi kemasannya juga rapi dan menarik. Mudah-mudahan ini menjadi awal mula yang baik, sehingga produk UMKM lokal lebih banyak digemari dan dicintai masyarakat," tandasnya. (LN 01/adv)





Posting Komentar

0 Komentar