Subscribe Us

Rusa Tutul Griya Bumi Serasan Sekate menjadi Wisata Fauna Penyejuk Hati Di masa Pandemi


Muba, LapartaNews - Di tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda, menguras energi dan mental bangsa Indonesia, tak terkecuali masyarakat Musi Banyuasin (Muba). Namun, kehadiran Rusa Tutul atau Rusa Totol merupakan salah satu oase penyejuk hati bagi masyarakat Bumi Serasan Sekate.

Rusa Tutul nama ilmiahnya Axis Axis, masyarakat manca negara menyebutnya Spotted Deer, karena berasal dari anak benua India disebut juga Indian Deer. Hewan cantik yang mempunyai nilai estetika tinggi ini merupakan primadona di istana Bogor. Oleh karena populasinya terus berkembang pesat, Pemerintah pusat menyalurkan beberapa individunya ke lembaga swasta maupun pemerintah, salah satunya ke Pemerintah Kabupaten Muba (Pemkab Muba). 

Sefrizal, Kepala Bagian Umum melalui Kepala Rumah Tangga Pemkab Muba, Tri Wahyu Pryadinata, di Rumah Dinas Bupati Muba atau Griya Bumi Serasan Sekate, kepada media ini mengatakan pada awalnya, akhir tahun 2018 jumlah Rusa Tutul di Griya Bumi Serasan Sekate ini 6 (enam) ekor, kini berkat perawatan, perhatian dan  perlakuan yang baik jumlahnya sudah 12 (dua belas) ekor, dua jantan dan sepuluh betina.

"Selama ini tidak ada yang mati, anda lihat sendiri mereka nampak subur, sehat dan energik," ujarnya, Rabu (11/08/2021).

"Sebagian dari rusa-rusa ini kami pindah ke halaman depan agar supaya jangan berkelahi sesama jantan, selain itu agar masyarakat Sekayu yang lewat di depan dan samping Rumah Dinas Bupati, atau Griya Bumi Serasan Sekate, baik sedang berolah raga jogging, atau jalan kaki, bahkan yang sedang berkunjung di Taman Depan Rumah Dinas Bupati juga dapat melihat keberadaan rusa-rusa cantik itu," lanjutnya.

Menjawab pertanyaan media ini mengenai perawatan hewan-hewan tersebut supaya tetap sehat dan terhindar dari sakit penyakit, Tri Wahyu mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Pihak DTPHP setiap hari Rabu datang mengontrol, sedangkan pihak BKSDA setiap bulan sekali datang mengontrol," pungkasnya.

Salah seorang warga Sekayu, Evi kepada media ini mengatakan bahwa setiap hari Sabtu atau Minggu, dia dan keluarganya datang berkunjung ke Taman Depan Rumah Dinas Bupati.

"Setiap berkunjung di taman ini saya dan anak-anak selalu menyempatkan diri melihat rusa-rusa tutul di halaman depan rumah Bupati, saya dan anak-anak  merasa senang, rasa jenuh dan stres jadi hilang," ungkapnya.

Untuk diketahui, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Lic Econ MBA, pada tanggal 21 Desember 2018 melalui Sekda Muba, Drs. Apriyadi, M.Si menerima hibah satwa dilindungi yaitu Rusa Tutul dari Sekretariat Presiden Istana Bogor, dalam hal ini Kepala Istana Kepresidenan Bogor, Erwin Wicaksono SE, MSE. Nota hibah tersebut tertuang dalam Berita Acara Serah Terima Aset Milik Negara nomor : BAST.23/Setpres/I.Bgr/PB.0600/12/2018.  (Ags)

Posting Komentar

0 Komentar