Subscribe Us

Upacara Peringatan HUT RI ke-76 Kabupaten Muara Enim Berlangsung Khidmat


Muara Enim, Lapartanews - Meskipun di tengah suasana pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air, pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-76 RI) tingkat Kabupaten Muara Enim yang digelar sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, berlangsung di Lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, tetap berlangsung lancar dan khidmat. Selasa (17/08/2021).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), pembacaan teks UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki serta pembacaan Do'a oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim.


Selanjutnya, bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Inf Zeri Mandani (Gomil Gol VI Rindam II/SWJ), Perwira Upacara Kapten Arm Broto Santoso (Pasi Pers Kodim 0404/ME) Desinta Putri Maharani dari SMA Negeri 2 Muara Enim bertugas sebagai pembawa baki dan selanjutnya diserahkan kepada Pengibar Bendera yaitu M Al Hadi Rivan dari SMK Bina Mulia, M Tegar Ramadhan dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim dan Radja Natael Sembiring dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim.

Saat wawancara dengan para awak media usai pelaksanaan upacara HNU menyampaikan, 17 Agustus dapat dimaknai sebagai tanggal atau hari yang sangat bersejarah dan sangat berarti bagi bangsa Indonesia. 


"Sebagai anak bangsa kita wajib setiap tahun untuk memperingatinya yang tentu tujuannya untuk meningkatkan semangat nasionalisme, semangat kebangsaan, dan juga meningkatkan rasa tanggung jawab kita kepada bangsa dan negara Republik Indonesia," terang HNU.

HNU juga menambahkan, peran generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa, penerima dan penerus tongkat estafet kepemimpinan agar dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif yang dapat membakar jiwa nasionalisme sehingga dapat meresapi perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara,dan perjuangan itu harus dilanjutkan.


Terkait pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda tanah air, HNU mengajak semua untuk tetap optimis, untuk bersama-sama menghadapinya dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Kita harus optimis, bangsa kita bangsa yang besar bangsa yang sudah terbiasa menghadapi situasi tersulit sekalipun sebagaimana yang telah terjadi pada saat pahlawan kita menghadapi kesulitan-kesulitan di masa lampau. Sekarang pun kita harus bisa menghadapi kondisi ini dengan satu kata kunci yakni kebersamaan, sehingga dengan kebersamaan, dengan menekankan disiplin protokol kesehatan, yakin kondisi ini akan kita rasakan semakin hari akan semakin membaik," ujarnya.


HNU berharap semoga diusia yang ke-76 tahun ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia akan semakin maju dan selalu berjaya, Indonesia maju, Indonesia tumbuh, merdeka, merdeka, amin," harap HNU.

Seusai Upacara di Lapangan Kantor Pemkab Muara Enim, dilanjutkan dengan pemberian santunan dana kehormatan kepada para Veteran dan janda Veteran Kabupaten Muara Enim. Selanjutnya Pj Bupati Muara Enim beserta Forkopimda Kabupaten Muara Enim langsung mengikuti upacara detik- detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta secara Virtual dari Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim. (Adv/Ya2n)

Posting Komentar

0 Komentar