Subscribe Us

Alramm Unjuk Rasa, Tuntut Kendaraan Angkutan Batubara Lewati Jalur Khusus


Palembang, LapartaNews - Puluhan massa yang tergabung dari Aliansi Rakyat Mahasiswa Musi Banyuasin (Alramm) menggelar aksi unjuk rasa (unras) di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Selatan (DPRD Sumsel), Jumat (30/09/2022).

Kedatangan massa aksi tersebut, terkait akses jalan kendaraan pengangkut Batubara yang masih melintas di Jalan umum khususnya di Kabupaten Muba. Mereka meminta pihak Pemerintah dan DPRD Sumsel untuk mewajibkan mereka melintasi jalur khusus.

Koordinator Aksi, Amrullah mengatakan pihaknya meminta kepada pihak Pemerintah dan DPRD Sumsel khususnya Komisi IV, agar mengawasi dan menindak perusahaan dimana kendaraan pengangkut batubaranya masih menggunakan jalan Negara.

“Alhamdulillah, kami diterima langsung oleh bagian staff aspirasi DPRD Sumsel, bahwasanya tuntutan kami agar skema angkutan jalan batubara ini, memiliki dan harus melewati jalan khusus itu yang terpenting bagi kami,” ujar Amrullah.

Dikatakan Amrullah, pihaknya meminta agar pihak perusahaan batubara tidak lagi memakai jalur jalan umum di Kabupaten Muba. Harus ada dan harus melewati jalur khusus.

“Ini aksi yang ketiga kalinya, langkah selanjutnya kami harap pihak Pemerintah dan  DPRD Sumsel harus benar-benar serius serta ada langkah kongkritnya untuk menyelesaikan ini semua. Apabila satu minggu ke depan tidak ada kejelasan, kami akan sweeping di jalan,” ungkapnya.

Amrullah mengaku, pihaknya juga akan melakukan penyetopan seluruh kendaraan angkutan batubara, yang masih menggunakan jalan umum.

“Kami berharap kepada pemerintah dan pihak DPRD Sumsel selaku pembuat kebijakan maupun Perda, harus benar-benar mengecek hasil produk yang mereka buat, serta memastikan apakah ini sudah berjalan dengan baik atau tidak. Karena kalau dibawah masih banyak korporasi perusahaan yang membangkang, itu artinya peraturan yang mereka buat ini mandul,” tegasnya.

Sementara Itu, Staff Subbag Aspirasi DPRD Sumsel, M Riza mengatakan pihaknya mengapresiasi aspirasi yang disampaikan teman-teman Alramm.

“Langkah selanjutnya, tuntutan yang telah diberikan akan kami sampaikan kepada pimpinan,”  tukasnya. (Agus)

Posting Komentar

0 Komentar