Subscribe Us

Ratusan Siswa SMAN 4 Sekayu Unjuk Rasa Minta Oknum Kepala Sekolah Undurkan Diri


Musi Banyuasin, LapartaNews - Lebih dari 400 siswa-siswi SMAN 4 Sekayu, Kabupaten Muba, Senin, 12/09/'22 melakukan aksi unjuk rasa di halaman depan sekolah yang terletak di Kampung Selarai, Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba.

Aksi damai yang diduga didukung oleh sebagian besar guru serta tenaga kependidikan SMAN 4 Sekayu ini, dipimpin oleh Baharuddin selaku koordinator lapangan merangkap koordinator aksi.

Dalam aksinya kerumunan massa yang masi dibawah 18 tahun tersebut tak henti-hentinya berteriak agar kepala sekolah mereka mundur dari jabatannya.

Dibincangi sejumlah awak media, Bahar, panggilan  akrab Baharuddin ini mengatakan alasan mengapa mereka melakukan aksi unjuk rasa.

"Beliau (kepala sekolah) tidak mencerminkan sebagai pemimpin yang baik. Setiap hari kepala sekolah kami memaki para siswa dengan kata-kata yang kotor, kasar dan sangat tidak patut diucapkan, seperti misalnya "Dasar besar kepala otak kecil", "Kentutku lebih bagus suaranya daripada suaramu".

Beliau juga sering bertengkar dengan guru-guru yang lain, baik di SMA 4 ini maupun di beberapa sekolah di mana beliau pernah mengajar, misalnya di SMK 1 Sekayu, di SMA 3 Lumpatan, di SMA 2 Babat Toman,  demikian lanjut Bahar.

"Kepala sekolah kami ini pernah memungut uang kepada seluruh siswanya (sekitar 460 orang)  sebesar 130 ribu rupiah persiswa untuk pengecoran lapangan upacara," katanya sambil menunjukkan kwitansi pembayaran 130 ribu rupiah atas namanya sendiri.

Uang infak yang dikumpulkan para anggota OSIS setiap hari Jum'at, yang tujuannya untuk kegiatan keagamaan atau kegiatan ibadah, pernah diminta kepala sekolah untuk keperluan pribadi ke Palembang.

"Dibawah kepemimpinan pak Umzah (kepala sekolah) rombongan siswa SMAN 4 Sekayu, sudah dua kali berkelahi dengan rombongan siswa SMK 2 dan SMK 3 Sekayu, dan besoknya pak Umzah mengatakan dihadapan seluruh siswa bahwa beliau benar-benar gagal sebagai pemimpin. Padahal sebelumnya beliau mengatakan akan mengundurkan diri kalau gagal membawa kemajuan bagi sekolah yang dipimpinnya," tegas ketua OSIS SMAN 4 Sekayu ini.

Sementara itu ketika awak media ini beserta beberapa rekan hendak menemui kepala SMAN 4 Sekayu, Umzah, S.Pd, M.Pd untuk meminta tanggapan, yang bersangkutan tidak siap ditemui.

Kami diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Iwan Kurniawan dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Tri Aulia. Kedua wakil kepala sekolah ini sepakat mengatakan tidak dapat memberikan tanggapan karena merasa tidak berkompeten dan takut salah, ujar mereka. (Ags)

Posting Komentar

0 Komentar