Subscribe Us

Reses II Anggota DPRD Muba Dapil 1, Rabik Himbau Pemkab Berdayakan masyarakat di Sekitar Wilayah Kuliner Sekayu


Musi Banyuasin, LapartaNews - H. Rabik HS, SE, SH, MH anggota DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dari Fraksi PAN, daerah pemilihan (Dapil) 1, hari Selasa 14/2/'23 melaksanakan giat Reses II bertempat Jalan Laskar Jimbun RT 001, RW 001, Kelurahan Balai Agung, Kota Lama, Sekayu, Musi Banyuasin.

Giat Reses H. Rabik di hari  kedua ini dihadiri kurang lebih 100 orang warga, beberapa ketua RT, dan sejumlah pejabat dari beberapa Dinas terkait, antara lain: Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, di kabupaten Muba.

Mengawali acara, dalam kata sambutannya Lurah Balai Agung, Musmulyadi, mewakili Camat Sekayu yang berhalangan hadir, antara lain mengatakan:

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas segala upaya haji Rabik, memperjuangkan wilayah Sekayu sehingga tumbuh setelah mengalami kesulitan ekonomi di masa Pandemi. Banyak pengunjung yang datang di area wisata kuliner ini, terutama pada malam Sabtu dan malam Minggu pengunjung membludak. Ini artinya ada perputaran uang, ada pertumbuhan ekonomi di tempat ini. Kami harap pertumbuhan ekonomi ini dapat lebih pesat lagi, bukan hanya di kelurahan ini saja tetapi juga di kelurahan-kelurahan lainnya," ujarnya.

Dalam sambutannya pak haji, panggilan akrab Rabik HS ini, antara lain mengatakan  kehadirannya untuk silahturahim dalam rangka mendengarkan asiprasi masyarakat di Dapilnya, serta membantu mencarikan solusi. Rabik menghimbau agar para pelaku usaha mendaftarkan usaha mereka dalam e-katalog lokal, supaya dapat mengambil pengadaan dari Pemda, dan membentuk kelompok UMKM yang dibina oleh Dinas Koperasi dan UMKM, serta bermitra dengan Dinas-dinas yang lain. Selain itu Dia juga menghimbau agar masyarakat turut menjaga serta memelihara lingkungan, menjaga kebersihan sungai, jangan meracun atau menyetrum kalau mencari Ikan dan udang, agar tidak punah.

"Demi untuk pemberdayaan masyarakat serta demi peningkatan usaha mikro dan kecil, saya mendorong agar para bapak ibu menerima dan memanfaatkan semua bantuan pemerintah dengan sebaik-baiknya. Saya juga menghimbau dinas-dinas di kabupaten Muba, agar memanfaatkan serta menggunakan jasa para penjahit lokal (Muba) apabila ada pengadaan baju seragam, pengadaan itu setiap tahun. Jangan apa-apa, semuanya di Palembang," himbaunya.

"Nantinya wisata kuliner ini kita perluas (perpanjang) sampai kelurahan Soak Baru tanpa menebang pohon-pohon yang tua, lorong-lorong kita gunakan untuk jalur transit penumpang guna menghidupkan usaha, dan lapisan jalan tengah untuk jualan suvenir," imbuhnya.

Dalam sesi tanya-jawab serta penyampaian usulan dari masyarakat, Siska seorang kader posyandu, mengusulkan agar ada perhatian pemerintah berupa gaji/honor untuk para kader Pos Yandu setiap bulan, karena selama ini mereka bekerja tanpa gaji atau honor. Bu janah salah satu pelaku usaha mengusulkan, agar kursi dan meja di tempat kuliner di buat seragam, supaya rapi dan sedap dipandang, dia juga berharap agar dibuatkan gazebo karena tenda-tenda mudah rusak dan terbang diterpa angin. Salah seorang nelayan mengusulkan agar pemerintah memberi bantuan perahu untuk mencari ikan serta transportasi sungai dan untuk penyeberangan masyarakat.

Usulan-usulan serta hasil reses tersebut, oleh haji Rabik akan disampaikan kepada instansi terkait serta disampaikan dalam rapat Paripurna. (ags)

Posting Komentar

0 Komentar