Kondisi bangunan Masjid Baiturahmah pasca ambruknya kubah masjid tersebut
Laparta News - Warga Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat mendadak gempar dengan musibah ambruknya kubah Masjid Baiturahmah. Peristiwa tersebut terjadi secara mendadak pada Sabtu (27/01) menjelang Magrib sekitar pukul 17.10 wib.

Sontak saja ambruknya kubah masjid ini membuat masyarakat setempat terkejut. Pasalnya masjid yang menjadi kebanggan masyarakat di wilayah ini tidak dapat lagi digunakan untuk ibadah. Lantaran hampir seluruh bagian besar bangunan mengalami rusak parah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa ambruknya kubah masjid ini bermula saat adanya bunyi derikan dari dalam bangunan masjid. Tidak lama kemudian kubah masjid langsung ambruk yang menimbulkan suara dentuman keras.

Tidak hanya kubah utama masjid, kubah kecil yang berada di sisi kanan masjid pun ikut ambruk disusul dengan ambruknya bagian bangunan lainnya.

Saat peristiwa terjadi, dua pekerja yang sedang berada di dalam masjid nyaris menjadi korban ambruknya kubah masjid tersebut. Beruntung keduanya selamat lantaran berhasil keluar sebelum musibah itu terjadi.

"Sebelum bangunan kubah roboh kami dengar suara retakan dari atas bangunan masjid. Bahkan suara retakan terdengar jelas dan menimbulkan debu matrial. Kami langsung berlari keluar menyelamatkan diri dan tidak lama kemudian kubah masjid langsung ambruk," ujar pekerja tersebut.

Sampai berita ini diterbitkan, sejumlah petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut guna memastikan penyebab ambruknya kubah masjid tersebut.

Namun kuat dugaan, penyebab ambruknya kubah masjid tersebut lantaran usia masjid sudah tua dan tidak mampu manahan beban kubah.(LN 01/net)





Posting Komentar