Kobaran api dengan cepat membakar puluhan kios di Pasar Palembayan

AGAM, Laparta News - Peristiwa kebakaran hebat terjadi di Pasar Palembayan, Nagari IV Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, pada Minggu pagi (18/2), sekitar pukul 04.00 wib. Akibat kejadian ini sebanyak 28 unit kios di Blok A ludes terbakar.

Beruntung api dapat segera dipadamkan setelah empat unit mobil pemadam kebakaran yang dibantu BPBD, Satpol PP, TNI, Polisi, beserta relawan PMI dan masyarakat berjibaku untuk menjinakkan kobaran api.

Hingga berita ini diturunkan belum jelas penyebab terjadinya kebakaran. Aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait musibah tersebut. Ditaksir kerugian mencapai Rp 1,3 Miliar.

Informasi yang dihimpun, peristiwa kebakaran berasal dari salah satu kios milik pedagang. Warga setempat yang mengetahui kebakaran tersebut langsung berupaya untuk melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

Hanya saja kobaran api kian membesar. Api baru dapat dipadamkan kurang lebih satu jam kemudian, setelah empat unit mobil pemadam kebakaran terjun ke lokasi kejadian.

"Belum jelas asal api dari mana. Api terlalu cepat menyambar ke bagian kios lainnya. Sehingga banyak pedagang yang tidak sempat untuk menyelamatkan barang dagangannya," ujar warga setempat.

Hal senada disampaikan oleh Roni (32), Ketua Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Lawang, Kecamatan Matur. Menurutnya, sempitnya akses jalan menuju lokasi kebakaran menyulitkan mobil pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman. Sehingga banyak kios yang terbakar dalam musibah tersebut.

"Tidak ada korban jiwa. Hanya saja kerugian cukup besar, mencapai Rp1,3 miliar," ungkapnya kepada Lapartanews. (LN 01)

Posting Komentar