Hasil gambar untuk foto pelantikan heru jadi kepala BNN
Heru Winarko salam komando bersama Budi Waseso usai resmi dilantik sebagai Kepala BNN
Jakarta, Laparta News - Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Irjen Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).
Kapolda Lampung era 2012-2015 ini menggantikan posisi Komjen Budi Waseso (Buwas) yang memasuki masa pensiun mulai Maret 2018.
Pelantikan Heru berlangsung di Istana Negara pada Kamis (1/3) pukul 09.00 WIB. Pelantikan Heru Winarko sebagai kepala BNN sesuai Keputusan Presiden Nomor 14/M/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNN.
Turut hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi dan pejabat negara di antaranya Ketua KPK Agus Rahardjo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan mantan Kepala BNN Komjen Budi Waseso.
Pengambilan sumpah dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi yang diikuti oleh Heru Winarko.
“Demi Allah saya bersumpah akan setia dan taat kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya serta akan menjalan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Heru.
Ia berjanji akan menjunjung tinggi etika jabatan. Tak hanya itu Heru juga bersumpah akan bekerja sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.
Usai pengucapan sumpah jabatan, Irjen Heru menandatangani sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi. Sesaat kemudian, gantian Jokowi membubuhkan tanda tangan di dokumen tersebut.
Sebelumnya, Heru menjabat Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 14/M/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Narkotika Nasional.
Heru merupakan satu dari tiga nama yang diajukan Polri kepada Presiden Jokowi. Dua nama lainnya ialah Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Ari Dono Sukmanto.
Selama menjadi bertugas Lampung, sosok Heru dikenal sebagai Kapolda yang melahirkan konsep Rembug Pekon. Sebagai polisi yang lama bertugas di Kemenko Polhukam RI (2010) dan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam (2015), Heru banyak melakukan pendekatan budaya dalam memecahkan permasalahan Kamtibmas. (LN 01/ net)

Posting Komentar