Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH saat menjadi narasumber dalam rapat kesiapan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Bebas Melayani (WBBM)

Palembang, Laparta News - Untuk mencapai kesuksesan dalam meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tentunya bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu kiat-kiat khusus serta kerja keras dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi.

Hal inilah yang selama ini dibangun dan diperjuangkan oleh Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH. Hingga akhirnya, Polres Prabumulih dinilai berhasil dan meraih Piagam Penghargaan dan Penganugerahan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Didaulat sebagai pembicara dalam kegiatan rapat kesiapan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Bebas Melayani (WBBM), dengan gamblang Tito membeberkan dan membagi rahasia yang selama ini diterapkan di wilayah hukumnya khususnya di lingkungan Polres Prabumulih.

Dalam paparannya, Tito menyebutkan point penting yang harus diterapkan untuk mencapai itu semua yakni dengan dimulai dari diri sendiri, khususnya kepada diri seluruh personil. Dengan meninggalkan zona nyaman, optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, dan membentengi diri untuk tidak lagi melakukan pungli kepada masyarakat.

"Semua harus dimulai dari diri sendiri. Mulai dari pimpinan hingga ke seluruh bawahan dan anggota. Kita harus meninggalkan zona nyaman yang selama ini menjadi suatu kebiasaan. Zona nyaman itu haus kita tinggalkan dan kembali menanamkan kepada diri bahwasanya Polri adalah pengayom dan pelayan masyarakat," ujar Tito dalam rapat yang dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara beserta Irwasda Polda Sumsel dan PJU Polda Sumsel dan seluruh Kapolres sejajaran Polda Sumsel, di gedung rekonfu Polda Sumsel, Rabu (23/1/2019).

Selain itu sambung Tito, Polres Prabumulih sendiri memliki tiga Program unggulan yang diterapkan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya yakni, program SIDAKA (SKCK Datang Kerumah Anda), SILIDI (Polisi Peduli Pengemudi), serta SABER (Sehat Bersama).

"Dengan sendirinya program ini akan berjalan dengan baik dan maksimal. Karena dari awal kita telah menanamkan komitmen mulai dari pimpinan hingga personil untuk menolak korupsi dan pungli serta bekerja melayani masyarakat sesuai tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat," bebernya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel dalam pidatonya mengatakan, sebelumnya pada Desember 2018 ada tiga Polres di jajaran Polda Sumsel yang meraih predikat WBK yaitu Polres Prabumulih, Polres OKU dan Polresta Palembang. Dalam giat rapat tersebut dirinya meminta kepada seluruh Polres lainnya untuk belajar bersama-sama membangun Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan bebas melayani (WBBM).

"Tahun lalu ada tiga Polres yang sudah berhasil. Saya ingin tahun depan bisa lebih. Kita harus tunjukan kalau kita mampu dan membangun komitmen bersama dalam mewujudkan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan bebas melayani," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar