Prabumulih, Laparta News - Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah calon legislatif (Caleg) untuk menarik simpatik pemilih. Selain terjun langsung ke masyarakat, memanfaatkan jejaring sosial media juga dijadikan sebagai ajang tebar pesona bagi caleg dalam mempromosikan diri.

Mengingat media sosial (medsos) seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya dianggap efektif dalam ajang promosi diri khususnya untuk menyampaikan program serta visi dan misi para caleg.

Apalagi pengguna aktif media sosial lebih dominan digunakan oleh generasi millenial. Sudah barang tentu, suara generasi Y yang lahir setelah generasi X ini akan menjadi rebutan bagi para caleg.

Seperti Hana Monica. Wanita yang maju mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Kota Prabumulih dari Partai Golkar ini merupakan salah satu caleg yang aktif dalam memanfaatkan media sosial. Berbagai kegiatan yang ia lakukan selama kampanye tak pernah lupa diakses ke media sosial seperti facebook dan instagram.

Sejumlah postingannya pun ternyata mendapat banyak respon positif dari masyarakat, khususnya pengguna medsos. Alhasil nama ibu dengan dua orang anak ini pun makin dikenal masyarakat luas.

Gencarnya para caleg memanfaatkan media sosial ternyata dijadikan sebagai acuan dalam melakukan polling suara. Hal itu dilakukan oleh Portal Polling Calon Legislatif (Caleg) Terlengkap se Sumatera Selatan melalui alamat sumsel.pileg.id.

Berdasarkan hasil survey portal tersebut, nama Hana Monica yang maju sebagai caleg dari Partai Golkar nomor urut tiga dapil tiga ini menduduki peringkat teratas. Hana Monica berhasil mengantongi lebih dari 950 likers atau dukungan dari responden atau sebanyak 35,45 persen.

Angka ini jauh meninggalkan posisi kedua yang diisi oleh Abing Faisal sebanyak 370 responden dengan persentase 13,88 persen. Sementara di posisi ke tiga yakni Novia Rastar mengantongi 239 responden atau 8,89 persen.

Wanita berhijab yang juga aktif berorganisasi ini mengaku tidak mengetahui jika namanya masuk dalam peringkat teratas dalam polling suara yang dilakukan oleh portal tersebut. Meskipun demikian, wanita yang mengusung jargon HM ini mengaku tidak mau terlena dengan hasil survey itu.

"Alhamdulillah poling responden di website sumsel.poling.id saya menempati posisi atas di dapil Prabumulih Timur. Tapi itu kan baru berdasarkan survey. Makanya kita tidak boleh terlena dulu," ujar Hana Monica (HM) saat dibincangi di kediamannya yang juga merupakan posko kemenangan HM di Jalan Taman Murni, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Senin (18/03).

Disinggung terkait tujuannya maju sebagai caleg, HM mengaku tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mewakili keterwakilan suara perempuan. Mengingat peran serta wanita di legislatif untuk membantu pemerintah dirasakan masih kurang greget.

"Khususnya dalam mengaplikasikan aspirasi generasi millenial yang ada di Kota Prabumulih ini," tuturnya.

Menurutnya hampir semua caleg termasuk ia sendiri membawa visi tentang membantu pembangunan baik itu, transportasi, pendidikan, keagamaan, kesehatan. Namun, jarang yang membicarakan aktifitas pemuda yang mempunyai kreatifitas tinggi dalam mengisi sarana dan prasarana kota dengan kegiatan bermanfaat.

"Mulai dari game, pentas seni, music, otomotif, kontes motor, skateboard,  artwork, ruang publik, olahraga, fotografi dan kegiatan positif lainnya. Walaupun kegiatan tersebut tidak bersentuhan langsung dengan kebutuhan warga setidaknya kegiatan semacam itu dapat mengharumkan nama Prabumulih," beber Hana.

Apalagi berbagai kegiatan kepemudaan yang ada di Kota Prabumulih ini juga sering ia dukung sebelum menjadi calon legislatif. Untuk itulah ia sangat ingin berperan aktif membantu pemerintah dalam hal kegiatan yg bersentuhan langsung dengan kepemudaan.

"Sesuai dengan moto HM yakni hormati yang tua,  hargai yang muda, dan sampaikan aspirasi mereka," pungkas HM yang juga merupakan owner dari distro ARNIC ini. (LN 01)

Posting Komentar