Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK didampingi Danyon Zipur 2/SG Letkol Zamroni saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu Serentak 2019
Prabumulih, Laparta News - Dalam rangka pengamanan jelang Pemilu 2019, Jajaran Kepolisian Resor Prabumulih bersama kesatuan TNI melakukan apel gabungan di lapangan upacara Pemkot Prabumulih, Jumat (22/3/2019).

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk, S.I.K., M.H mengatakan, apel kesiapan TNI-POLRI dan komponen bangsa lainnya ini merupakan langkah penting untuk meninjau kesiap siagaan personel.

"Selain untuk meninjau kesiapan anggota, apel kali ini bertujuan untuk memperkuat soliditas antara TNI - Polri dalam mewujudkan Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri) yang kondusif," Ujar AKBP Tito Saat dibincangi Wartawan usai Gelaran Apel.

Dikatakan Tito, Pesta demokrasi lima tahunan ini akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksankan secara serentak dengan 5 jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

"Pemilu serentak ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional. Kesusksesan pemilu bergantung dari semua pihak yang terlibat termasuk TNI- Polri selaku pihak pengamanan," tuturnya.

Bersama TNI, lanjut Kapolres, pihaknya akan mengantisipasi potensi kerawanan yang dapat mengacam suseksnya Pemilu. Menurutnya, kunci utama yang harus ditingkatkan adalah soliditas dan sinergitas antara pemangku kepentingan lainya.

"Dalam operasi nanti, petugas keamanan akan menginventarisir potensi kerawanan yang meresahkan masyarakat. Disamping pengamanan,  kita akan melakukan peninjuaan agar penyelenggaraan Pemilu berlangsung lancar," bebernya.

Masih Kata Tito, tugas pengamanan pemilu adalah tugas yang mulia karena sama halnya dengan menjaga kedaulatan negara. Untuk itu, Ia  berharap agar para personel dapat menunjukkan keseriusan dan tanggungjawab dengan sebaik baiknya.

"Saya berharap kepada seluruh prajurit TNI- Polri yang ditugaskan3 dapat menjalankan amanat dengan sebaik baiknya, sekaligus dapat memberikan pendewasaan terhadap masyarakat terkait pemilu," bebernya.

Tito berharap Pemilu serentak dapat berjalan dengan aman dan lancar. Untuk itu, meskipun beda pilihan namun ia meminta agar masyarakat tetap kompak dalam menjaga kemanan dan ketertiban selama Pemilu berlangsung.

"Karena pemilu serentak ini sejatinya adalah untuk memilih pemimpin, bukan untuk mengadu pemimpin. Mari kita sukseskan dan jaga kemanan selama pemilu berlangsung," pungkasnya. (Ard/ Red)

Posting Komentar