Tumpukan sampah yang dibuang sembarangan di atas jembatan Sungai Kelekar mulai menimbulkan aroma tidak sedap dan mengganggu pengguna jalan yang melintas di wilayah itu

Prabumulih, Laparta News - Kurangnya kesadaran warga akan kebersihan lingkungan di Kota Prabumulih sepertinya masih rendah. Pasalnya masih saja ada warga yang membuang sampah sembarangan.

Seperti yang terlihat di Jalan Padat Karya, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, tepatnya di jembatan Sungai Kelekar menuju Simpang Tugu Jogja. Sejumlah sampah tampak berserakan dan menumpuk di atas jembatan.

Selain mengganggu pemandangan, tumpukan sampah yang hingga saat ini masih dibiarkan berserakan itu mulai menimbulkan aroma tidak sedap. Tidak sedikit diantaranya pengguna jalan yang menutup hidung saat melintas di jembatan tersebut.

Lukman (45), warga setempat mengaku tumpukan sampah di lokasi tersebut sudah berlangsung selama kurang lebih lima hari. Awalnya, sampah tidak begitu banyak. Namun lama kelamaan makin banyak warga yang membuang sampah di wilayah itu.

"Dak tau asalnyo dari mano sampah itu. Caknyo sengajo dibuang oleh warga yang melintas di jembatan itu," ujarnya saat dibincangi, Selasa (23/07/2019).

Terpisah, Lurah Gunung Ibul, Sarutama saat dikonfirmasi mengenai tumpukan sampah tersebut mengaku sudah berkoorsdinasi dengan pihak Dinas
Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Prabumulih. Ia mengaku dalam waktu dekat pihak Dinas Perkim akan membersihkan tumpukan sampah tersebut.

"Kita sudah cek ke lokasi. Sangat kita sayangkan karena masih ada saja warga yang kurang kesadaran akan kebersihan lingkungan," katanya.

Ia menjelaskan, tumpukan sampah itu hasil dari gotong royong yang sebelumnya dilakukan oleh sejumlah warga Perumahan GPI di sepanjang jalan tersebut. Sampah-sampah itu kemudian dikumpulkan di lokasi tersebut, sayangnya sampah itu tidak langsung diangkut ke TPA sehingga mengundang warga lainnya untuk membuang sampah di lokasi itu.

"Agar tidak menjadi kebiasaan makanya kami minta petugas dari Dinas Perkim untuk segera mengangkut sampah-sampah itu. Kita menghimbau agar warga lebih sadar akan pentingnya dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar