Subscribe Us

Hujan Es Guyur Sebagian Wilayah di Kabupaten Agam


Sumbar, Laparta News - Fenomena alam berupa hujan es terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Agam. Kejadian yang tidak biasa terjadi ini membuat heboh warga yang daerahnya diguyur hujan deras disertai bongkahan es berukuran kecil.

Dilansir dari covesia.com, wilayah yang diterpa hujan deras dan disertai es ini terjadi di kawasan Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Fenomena langka ini terjadi pada Jumat (12/07/2019) sekira pukul 16.30 wib.

"Kejadiannya tidak lama dan ukuran es juga tidak terlalu besar namun cukup bergemuruh saat jatuh di atap rumah dan mobil warga yang melintas," kata Hendra Firmanto (34) warga setempat.

Selain di kawasan Balingka, hujan es ini juga mengguyur sebagian kawasan di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Hal itu juga dikatakan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Wahyu Bestari.

"Kita mendapatkan informasi dari Wali Nagari dan tengah menuju ke lokasi," ujarnya.

Meskipun fenomena langka ini membuat kaget sejumlah warga, namun belum ada laporan adanya kerusakan yang disebabkan oleh hujan es tersebut.

"Hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan yang di timbulkan akibat hujan es ini," terang Wahyu.

BPBD Agam menghimbau masyarakat untuk tetap waspada. Hujan es yang disertai curah hujan tinggi berpotensi besar terjadinya banjir dan tanah longsor.

”Kami menghimbau masyarakat dan pengendara yang melintas untuk selalu waspada mengingat potensi curah hujan tinggi masih terjadi disekitar lokasi," himbau Wahyu. (LN01/net)

Posting Komentar

0 Komentar