Kobaran api dan asap tebal yang membakar lahan terlihat jelas dari pemukiman warga

Ogan Ilir, Laparta News - Musim kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera Selatan menyebabkan terjadinya kebakaran lahan. Seperti yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir.

Rerumputan yang kering dan hembusan angin kencang membuat api dengan cepat membakar lahan tersebut. Bahkan sebaran api mulai merayap dan mengancam ke permukiman warga.

Sejumlah warga yang bermukim tidak jauh dari lokasi kebakaran lahan mulai panik. Mereka khawatir api sewaktu-waktu menyambar ke rumah penduduk tepatnya di Desa Talang Pangeran Ulu, Kecamatan Pemutan Barat Ogan Ilir.

"Khawatir pak, api nya semakin mendekat. Ada kebun juga disana, ini lagi siaga pak," kata Driono (48) warga setempat, Senin (5/8/2019).

Tadi siang kata Driono, api bermula di sekitar jalan Tol Palembang - Indralaya (Palindra). Baru malam ini kata Driono, api mulai merambat ke lahan dekat pemukiman warga.

"Dari pagi pak, tapi dekat jalan Tol. Nah, baru maghrib tadi api merambat ke sini," ungkapnya.

Pantauan dilapangan api mulai mendekat ke pemukiman warga yang berjarak sekitar 100 meter. Api juga terpantau mendekat ke Pondok Pesantren At-Tauhid yang tak jauh dari lokasi.

Hingga malam ini petugas siaga karhutla TNI, BPBD dan Manggala Angi masih bersiaga dilokasi kebakaran. Berbagai upaya terus dilakukan petugas untuk memadamkan api agar tidak meluas. (red/no)

Posting Komentar