Lurah Karang Raja bersama dengan sejumlah warga saat melakukan giat kerja bakti membersihkan rumput dan sampah di sungai dan jalan

Prabumulih, LapartaNews - Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama yang harus ditanamkan dalam diri masyarakat. Selain tidak membuang sampah sembarangan menggelorakan semangat gotong royong kepada masyarakat juga harus ditanamkan.

Hal inilah yang dilakukan oleh Gunawan, Lurah Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur yang rutin mengajak warganya untuk turun ke jalan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Kali ini, ia bersama dengan warga di lingkungan RT 02 RW 02 dan RT 05 RW 02  membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang jalan lingkungan dan aliran Sungai Kelekar. Giat rutin yang dilakukan setiap akhir pekan ini pun disambut kompak oleh warganya.

"Alhamdulillah, warga di sini semuanya kompak untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan. Ini adalah bentuk kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Secara bergotong royong, kami membersihkan jalan, saluran air dan sampah yang ada di sungai," ujarnya kepada LapartaNews.com pada Jumat (20/09/2019).

Ia menjelaskan, giat kerja bakti akan terus dilakukan di seluruh wilayah lingkungan RT dan RW yang tersebar di Kelurahan Karang Raja. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Selain membersihkan lingkungan, ia pun menghimbau seluruh warganya untuk menyediakan tong sampah di setiap rumah. Hal ini dilakukan agar sampah tidak berserakan dan membiasakan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Karena sampah pemicu sumber penyakit jika tidak ditanggulangi akan berdampak buruk bagi masyarakat. Untuk penanganannya, kita tidak bisa bekerja sendiri namun butuh dukungan dan kerjasama yang baik dari masyarakat," bebernya.

Sementara itu, Novri salah satu warga di Kelurahan Karang Raja mengaku senang dengan adanya giat gotong royong yang diarahkan oleh lurah. Apalagi budaya gotong royong saat ini mulai pudar di tengah masyarakat.

"Sebenarnya warga siap saja untuk kerja bakti seperti ini, asalkan pemimpinnya juga mau turun seperti yang dilakukan Lurah Karang Raja. Selain lingkungan jadi bersih bisa sekalian olah raga juga," katanya. (LN 01)

Posting Komentar