Foto ilustrasi net

LapartaNews - Tren yang menjamur pada para perokok khususnya anak muda sekarang ini adalah rokok elektrik atau yang biasa di sebut vape. Ada tiga jenis vape yang beredar yaitu: jenis desktop, jenis pen, dan jenis portable.

Dengan adanya inovasi rokok elektrik ini maka banyak perokok tembakau beralih ke vape. Dengan alasan rokok elektrik aman dan agar dapat berhenti merokok.

Namun saat ini keamanan dari komponen  Electronic Nicotine Delivery System (ENDS) belum terbukti secara ilmiah. Electronic Nicotine Delivery System (ENDS) merupakan alat yang berfungsi mengubah zat-zat kimia menjadi uap lalu mengalirkannya ke paru-paru, di mana zat kimia tersebut, merupakan campuran zat seperti nikotin dan propylene glicol.

Propylene glycol sendiri adalah zat penyebab iritasi jika dihirup. Sedangkan, Nikotinnya berbahan dasar nikotin cair, yang sama dengan nikotin di rokok tembakau.

Itulah sebabnya, ketika kita terus menerus memakai rokok elektrik maka akan semakin kecanduan, hal ini yang merangsang tubuh untuk selalu memasukkan nikotin ke dalam tubuh. Kecanduan yang diakibatkan rokok elektrik sama dengan  kecanduan rokok tembakau.

Selain itu, German Cancer Research Center juga menemukan zat-zat beracun lainnya yang terkandung dalam cairan ENDS antara lain, zat beracun terhadap sel tubuh dengan kadar menengah hingga tinggi dari zat pemberi rasa/flavor; nitrosamin seperti cadmium, nikel dan timbal; Carbonyls (formaldehyde, acetaldehyde dan acrolein) yang juga bersifat karsinogenik.

Oleh karena itu, baik rokok tembakau maupun rokok elektrik semuanya tidak baik untuk kesehatan. Hal yang tepat untuk dilakukan hanya berusaha berhenti merokok.

Berikut ini tips untuk para pejuang berhenti merokok :

1. Niat
Jika sudah ada tekad dan niat yang bulat untuk berhenti merokok itu merupakan langkah awal yang baik.

2. Hindari pemicu
Hindari hal-hal yang dapat membuat kamu merokok. Seperti aktivitas buruk ataupun lingkungan perokok.

3. Mengelola stress
Lakukanlah hal-hal yang bersifat positif dan yang kamu sukai agar kamu lupa untuk merokok.

4. Olahraga
Dengan olahraga yang teratur maka pola hidup sehatmu akan semakin terbentuk.

5. Libatkan keluarga dan teman
Beritahu keluarga dan teman bahwa kamu mau berhenti merokok. Maka, support yang didapat dari mereka akan meningkatkan kemauan kamu untuk berhenti merokok.

6. Memakan permen/cemilan
Dikala nafsu merokokmu sedang tinggi alihkanlah untuk memakan permen. Contohnya jika kebiasaan sesudah makan merokok, maka gantilah dengan permen.

7. Pikirkan keuntungan
Jika melihat kata UNTUNG kamu pasti akan tertarik. Berbagai keuntungan tersebut yaitu, terhindar dari stroke, jantung, kanker, ekonomi, dan mendapat kasih sayang dari keluarga. Sebab dengan kamu berhenti merokok kamu bukan hanya menambah harapan hidupmu namun juga orang di sekitarmu. (anggi)

Posting Komentar