Anggota Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5/DPC dengan khidmat menggelar upacara peringatan hari pahlawan di Lapangan Markas Yonkav-5/DPC Karang Endah

Muara Enim, LapartaNews - Banyak cara dalam memaknai dan menghargai jasa para pahlawan bangsa. Khususnya bagi para generasi penerus bangsa atau yang lebih dikenal sebagai generasi milenial.

Tidak hanya dengan melakukan ziarah atau upacara peringatan hari pahlawan semata. Namun, menghargai jasa para pahlawan adalah dengan meneruskan perjuangan dalam membangun bangsa menjadi bangsa yang lebih besar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5/DPC, Letkol Kav Shawaf Al Amien SE saat memimpin langsung berjalannya upacara pada Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2019 di Lapangan Markas Yonkav-5/DPC Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Minggu (10/9/2019).

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P Batubara yang disampaikan Inspektur Upacara Letkol Kav Shawaf Al Amien SE mengatakan, hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang besar sebagaimana ungkapan the founding fathers Bung Karno.

Berkaitan dengan itu sambung Danyonkav-5, Menteri mengajak kiranya dengan peringatan hari pahlawan ini dapat meningkatkan kesadaran semua elemen anak bangsa untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Danyonkav-5 pun menekankan peringatan Hari Pahlawan juga untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".

"Jangan kita biarkan keutuhan NKRI yang telah di bangun pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia," tegasnya.

Lebih lanjut dituturkan Letkol Kav Shawaf Al Amien SE, bahwa kemerdekaan yang dirasakan tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

"Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," ungkapnya. (red)

Posting Komentar