Subscribe Us

Cegah Penyakit Rabies, Dinas Pertanian Lakukan Vaksin Hewan Peliharaan

Petugas dari Dinas Pertanian Kota Prabumulih saat melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga

Prabumulih, LapartaNews - Dinas Pertanian Kota Prabumulih melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan vaksinasi pada Hewan Penular Rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan monyet. Giat rutin ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit rabies terhadap hewan peliharaan yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada hewan.

Kepala Dinas Pertanian, Drs Syamsurizal SP MSI melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Iswan Hadi menjelaskan, sebelum melakukan vaksin pihaknya telah menyampaikan surat edaran dari tingkat desa dan kelurahan agar menyampaikan giat vaksin rabies kepada warga yang memiliki hewan peliharaan.

"Kita sudah bentuk dan sebar tim vaksin rabies untuk turun ke lapangan. Giat vaksin rabies ini dilakukan door to door ke rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan. Dan vaksin ini gratis tidak dipungut biaya," ujar Iswan saat dikonfirmasi, Selasa (04/02/2020).

Lebih lanjut Iswan menuturkan, Giat vaksin rabies akan dilakukan selama satu bulan ke depan selama Februari 2020. Sejauh ini vaksin akan dilakukan bagi pemilik hewan peliharaan yang telah terdata di Dinas Pertanian.

"Bagi warga yang merasa memiliki hewan ternak silahkan menghubungi pihak kelurahan atau kantor desa. Tim kami akan jemput bola untuk mendatangi sesuai jadwal. Atau datang langsung ke Dinas Pertanian," jelasnya.

Iswan menuturkan, untuk mencegah penyakit rabies terhadap hewan hendaknya warga yang memiliki hewan peliharaan tidak meliarkannya. Mengingat penyakit rabies dapat menular dari hewan satu ke hewan lainnya melalui gigitannya.

Adapun tanda-tanda hewan yang terjangkit virus rabies yakni hewan tersebut menunjukkan perubahan perilaku, bersifat agresif, tidak mau makan dan sudah tidak mengenali pemiliknya. Jika sudah demikian hewan tersebut harus diisolasi dan dimusnahkan agar tidak menular kepada hewan lainnya.

"Keberadaan rabies ditakuti oleh masyarakat karena termasuk penyakit infeksi virus yang dapat menular dari hewan ke manusia melalui gigitan hewan peliharaan yang terinfeksi rabies. Untuk itu vaksin ini dilakukan sebagai pencegahan terhadap virus rabies," tandasnya. (LN 01)



Posting Komentar

0 Komentar