Anggota Pemuda Pancasila (PP) Kota Prabumulih gotong royong melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga sebagai langkah pencegahan virus corona
Prabumulih, LapartaNews - Mewabahnya virus corona atau covid-19 yang makin menghawatirkan banyak orang di Kota Prabumulih membuat organisasi Pemuda Pancasila (PP) ikut andil dalam memerangi wabah virus tersebut.

Dengan bermodalkan alat semprot manual dan mesin steam, mereka turun ke lapangan menyambangi sejumlah lingkungan dan pemukiman warga untuk menyemprotkan ribuan liter cairan disinfektan.

Seluruh kader Pemuda Pancasila yang digawangi oleh Rifky Badai SH MKn ini berjibaku dan bahu membahu menyusuri setiap sudut lingkungan di Kota Prabumulih. Aksi sosial ini dilakukan sebagai bentuk kepadulian Pemuda Pancasila dalam memerangi dan mencegah penyebaran wabah virus corona yang telah menjangkiti sejumlah warga Kota Prabumulih.

Rifky Baday menjelaskan, aksi tersebut adalah bentuk keprihatinan dan kepedulian terhadap masyarakat yang dihantui rasa takut dalam menghadapi wabah virus corona. Menurutnya, virus mematikan yang dapat dengan cepat menular melalui perantara manusia ini merupakan musuh bersama. Untuk itu, wabah virus corona ini harus dicegah secepat mungkin agar penyebarannya tidak meluas.

"Virus ini adalah wabah bukan aib, maka dari itu kita harus bisa mencegah dan memerangi virus ini bersama-sama. Tidak memandang miskin atau kaya, siapa saja jika tidak bisa menjaga diri akan dengan mudah terpapar virus ini," ujar Rifky di sela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan pada Minggu (12/04/2020).

Masih kata Rifky Badai, pencegahan penyebaran virus corona tidak hanya semata-mata dilakukan dengan cara penyemprotan cairan disinfektan saja. Namun, pencegahan juga harus dilakukan oleh masyarakat yang dimulai dari diri sendiri. Diantaranya membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, menjaga jarak atau social distancing, hindari keramaian, mengurangi aktifitas di luar rumah, menggunakan masker serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Disamping itu pula sebagai masyarakat yang baik hendaknya mematuhi himbauan pemerintah serta mentaati maklumat Kapolri dalam mencegah penyebaran virus corona. Mari bersama-sama kita mencegah penyebaran virus ini agar kita semua terhindar dari wabah ini," jelasnya.
Penyaluran sembako kepada sejumlah warga kurang mampu yang terdampak covid-19
Pria yang juga berprofesi sebagai notaris itu menuturkan, giat sosial tersebut merupakan sumbangsih yang dilakukan oleh seluruh anggota dan kader-kader Pemuda Pancasila. Dana sumbangan yang dikumpulkan dari seluruh anggota dan kader digunakan sepenuhnya untuk penyemprotan disinfektan dan pembagian sejumlah paket sembako.

"Alhamdulillah saya pribadi merasa terharu melihat semangat seluruh anggota, tanpa imbalan apapun mereka dengan ikhlasnya melakukan semua ini demi memutus mata rantai penyebaran wabah virus covid-19 ini. Memang yang kami lakukan ini tidak seberapa namun setidaknya kami sudah berbuat dan berusaha untuk mendukung pemerintah dalam melawan wabah virus ini," imbuhnya seraya berharap wabah virus corona segera berkahir.

Sementara itu, sejumlah warga yang rumahnya disemprot cairan disinfektan mengaku sangat bersyukur. Sebab dengan penyemprotan tersebut dapat mengurangi rasa kekhawatiran mereka terhadap wabah virus corona.

"Kami sangat senang ada organisasi kepemudaan di Prabumulih ini yang turut peduli atas musibah wabah ini. Jujur kami sangat takut dan khawatir, namun sekarang mulai sedikit berkurang dengan adanya penyemprotan ini. Mudah-mudahan langkah dan upaya yang dilakukan oleh organisasi Pemuda Pancasila bisa mengurangi bahkan mencegah penyebaran virus corona di Prabumulih ini," ucap salah satu warga yang rumahnya disemprot cairan disinfektan. (LN 01)

Posting Komentar