Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM memimpin rapat bersama unsur forkopimda terkait usulan rencana penerapan PSBB di Kota Prabumulih

Prabumulih, LapartaNews - Dengan telah ditetapkannya Kota Prabumulih sebagai wilayah zona merah, maka Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM akhirnya mengajukan permohonan untuk penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada Gubernur Sumsel melalui rekomendasi persetujuan Kementrian Kesehatan.

Hal ini disampaikan Ridho Yahya kepada sejumlah awak media usai melaksanakan rapat pembahasan PSBB yang dilangsungkan diruang rapat lantai satu kantor Pemerintah Kota Prabumulih pada  Senin, (27/04/2020)

Disampaikannya, hasil rapat tersebut mayoritas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setuju atas usulan yang diajukan. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengajukan surat kepada Gubernur Sumatera Selatan dan ke Menteri Kesehatan.

"Ini baru sebatas usulan, artinya ini bukan penerapan PSBB tapi persetujuan pengusulan PSBB ke Gubernur atau ke Menteri Kesehatan. Penerapannya setuju tidak setuju itu tergantung dari Menteri Kesehatan melihat dari segala aspek pertimbangan," ujar Ridho.

Ridho mengaku, untuk menerapkan PSBB bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak aspek dan syarat yang harus dipenuhi sebelum usulan itu disetujui oleh Kementrian Kesehatan.

"Jika memang layak tentunya banyak syarat yang harus kita penuhi. Untuk itu usulan ini kita sampaikan terlebih dahulu. Bukan berarti usulan PSBB ini sudah langsung sah diterapkan di Prabumulih," jelasnya.

Ditambahkannya, seandainya PSBB diterapkan, artinya perlakuan terhadap pembatasan sosial harus benar-benar secara disiplin dilakukan. Misalnya melarang aktifitas berkumpul, wajib menggunakan masker, penumpang kendaraan roda empat tidak boleh lebih dari tiga orang dan protokol kesehatan lainnya dalam mencegah penyebaran wabah corona atau covid-19.

"Alasan mendisiplinkan masyarakat di Prabumulih sudah tepat karena masyarakat tidak boleh keluar rumah, untuk sembako sudah disiapkan, penyaluran masker sudah di berikan,” tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar