Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya didampingi Wakil Walikota Prabumulih H Andriansyah Fikri SH bersama steak holder lainnya berjibaku bersama-sama melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara massal di Kota Prabumulih
#Siap Bagikan 16 Ribu Paket Sembako Untuk 1 Bulan Pertama

Prabumulih, LapartaNews - Guna mencegah dan memerangi penyebaran wabah virus corona (covid-19), Pemerintah Kota Prabumulih melakukan penyemprotan disinfektan secara massal Rabu (8/4/2020). Penyemprotan ini dilakukan mulai dari Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih hingga ke pemukiman warga yang tersebar di 37 kelurahan dan desa se Kota Prabumulih.

Tak hanya itu, sebanyak 37 ribu masker kain juga dibagikan secara serentak kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM didampingi Wakil Walikota Andriansyah Fikri SH dan Sekda Elman ST serta selruruh asisten pemerintahan.

Penyemprotan disinfektan dan pembagian 37 ribu masker kain ini juga turut disuport oleh TNI Yon Zipur SG 2, Polres Prabumulih, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah organisasi kepemudaan serta unsur vertikal lainnya.
Mobil water canon milik Polres Prabumulih melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah sudut jalan di tengah Kota Prabumulih
Penyemprotan disinfektan secara massal dan pembagian masker kepada masyarakat Prabumulih ini merupakan bentuk keseriusan Pemkot Prabumulih dalam memerangi dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Prabumulih karena masuk wilayah zona merah.

Walikota Prabumuli, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, pihaknya sering melakukan penyuluhan tentang memakai masker untuk menghindari penyebaran virus corona. Oleh karena itu Pemkot Prabumulih turun langsung untuk membagikan 37 ribu masker yang dibagikan kepada warga Prabumulih. Sementara penyemprotan disinfektan secara massal ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat baik intansi vertikal, ormas dan stekholder lainnya dalam mencegah penyebaran virus corona.

"Ini lah bentuk keseriusan Pemkot Prabumulih dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Bisa dilihat sendiri dimana-mana masyarakat secara swadaya ikut menyemprot massal, kecamatan hingga kelurahan bergerak semua memberantas Covid-19. Kita kompak dan bersatu, melawan virus corona yang tengah merebak ini," katanya saat diwawancarai awak media.
Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM memberikan masker kain secara gratis kepada masyarakat untuk digunakan dalam pencegahan wabah virus corona
Masih kata Ridho Yahya, Pemkot Prabumulih pada hari Jumat (10/4/2020) nanti akan membagikan 16 ribu sembako  untuk 16 ribu kepala keluarga warga miskin.

"Kita berikan kompensasi atas dampak ekonomi tersebut maka akan disalurkan 15 ribu sembako. Sembako dibagikan tersebut berupa 20 kg beras, 2 dus mie dan 1 botol kecap. Nanti akan kita siapkan lagi sembako untuk 2-3 bulan kedepan. Silakan bila ada warga yang belum terdata dan masuk warga miskin laporkan ke kantor kelurahan setempat, nanti ada tim verifikasi yang datang untuk mengeceknya," ungkapnya.
Walikota Prabumulih didampingi Wakil Walikota saat menyerahkan bantuan APD kepada tim medis yang telah disumbangkan oleh PT Pertamina kepada Pemkot Prabumulih
Lebih lanjut suami dari Ir Ngesti Rahayu Ridho ini menambahkan, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah, melakukan social distancing (jaga jarak aman), pemakaian masker, sering cuci tangan sesuai dengan aturan menggunakan sabun dan lainnya.

"Saya berterima kasih kepada semua elemen masyarakat Kota Prabumulih yg telah bahu membahu dalam menanggulangi penyebaran covid-19 di kota prabumulih. Saya berpesan dan menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pola hidup bersih dan sehat, menjaga jarak, serta mematuhi semua instruksi pemerintah," tegasnya.
Walikota Prabumulih turun langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga dan sejumlah fasilitas umum lainnya
Langkah-langkah yang telah dilakukan Pemkot Prabumulih untuk mencegah penyebaran virus corona mendapat tanggapan positif dari kalangan organisasi  dan lapisan masyarakat. Warga yang rumahnya disemprot disinfektan mengaku senang.

"Tentunya kami senang, karena dengan penyemprotan ini setidaknya dapat mengurangi rasa ketakutan kita akan penyebaran virus corona. Apalagi kita juga dibekali masker kain secara gratis. Kami sebagai masyarakat sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan dan diberikan oleh pemerintah. Khususnya kepada walikota dan wakil walikota yang mau terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan penyemprotan ini ke rumah-rumah warga," ujar Mila (39), warga Kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur.
Sebuah mobil damkar berisi cairan disinfektan melakukan penyemprotan ke sejumlah wilayah di Kota Prabumulih
Hal senada juga diungkapakan oleh Ketua KNPI Prabumulih Aden Tamrin SE, apa yang dilakukan pemerintah kota Prabumulih sudah sangat benar dan harus didukung secara bersama-sama. Apalagi setelah pembagian masker, nanti Pemkot Prabumulih akan membagikan 16 ribu sembako bagi warga miskin yang berdampak dari penyebaran virus corona ini.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan inilah bentuk kepedulian bersama dalam mencegah penyebaran covid-19 di Kota Prabumulih. Kita juga berharap pembagian sembako nantinya kepada warga miskin memang tepat sasaran. Serta penyebaran virus corona cepat hilang dan kembali beraktifitas seperti semula kala," pungkasnya. (Adv/LN01)

Posting Komentar