Subscribe Us

3583 KK di Prabumulih Dipastikan Terima BLT Dampak Covid-19


Prabumulih, LapartaNews - Sebanyak kurang lebih 3583 kepala keluarga (KK) di Kota Prabumulih akan menerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan yang diberikan langsung dari Kementrian Sosial ini disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat khususnya warga kurang mampu yang terdampak covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih, Heriyanto SSos menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendataan warga penerima manfaat yang telah ditetapkan sebanyak 3583 KK. Pendataan itu dilakukan oleh petugas Dinsos melibatkan Kelurahan dan Kecamatan se Kota Prabumulih.

Meski sudah mendapatkan jumlah data warga penerima manfaat BLT namun bantuan tersebut hingga saat ini belum bisa disalurkan. Pihaknya masih menunggu keputusan penyaluran dari Kementrian Sosial.

"Untuk pendataan sudah dilakukan. Kita masih menunggu arahan dari pusat. Jika sudah ada kepastian dan menerima dana tersebut maka dana itu akan langsung kita salurkan," ujar Heri saat dibincangi pada Minggu (10/05/2020).

Lebih lanjut Heri menuturkan, masing-masing KK akanendapatkan saluran bantuan berupa uanh tunai senilai Rp600 ribu per bulan. Bantuan ini diberikan selama tiga bulan terhitung dari April, Mei dan Juni.

Menurutnya BLT tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Sosial kepada warga kurang mampu yang ekonominya terdampak covid-19. Penerima manfaat BLT adalah mereka yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tetapi tidak menerima bantuan sosial reguler (DTKS Non-Bantuan Sosial Nasional) baik Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako.

"Untuk pencairannya nanti melalui rekening bank dan tarik tunai melalui kantor pos. Karena bulan April sudah lewat mungkin penyalurannya akan diberikan secara global antara Mei atau Juni nanti. Tinggal menunggu arahan dari pusat," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar