Prabumulih, LapartaNews - Kerja keras yang dilakukan Pemerintah Kota Prabumulih dalam mencegah penularan wabah corona atau covid-19 mendapat apresiasi langsung dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru. Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Sumsel saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Prabumulih dalam melaksanakan persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kamis (21/05/2020).

Dalam kunjungan kerjanya itu, Gubernur Sumsel turut didampingi oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri SMM, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan SIP MHum, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudharmaya SH SIK MH, Dandim 0404 Muara Enim Letkol (Inf) Syafruddin serta unsur muspida lainnya.

Dalam kunjungannya itu, Gubernur Sumsel turut menyerahkan bantuan kepada Pemkot Prabumulih berupa baju hazmat sebanyak 500 pcs, masker kain 200 pcs, maske KN 95 sebanyak 200 pcs, Rapid test sebanyak 100 lembar, sarung tangan panjang, 25 box, Safety lab goggles 20 pcs, sepatu boot sebanyak 25 pcs, face shield 25 pcs, Disinfektan 15 liter, electrik spay pump 1 unit, kantong mayat 5 lembar dan handsanitezer sebanyak 5 liter.
Selain meninjau kesiapan Pemkot Prabumulih dalam melaksanakan PSBB, Gubernur Sumsel juga turut meninjau langsung pelaksanaan penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih, serta mengecek ketersediaan bantuan sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak covid-19.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel mengaku kerja keras yang dilakukan oleh Pemkot Prabumulih bersama unsur muspika lainnya dalam mencegah penyebaran virus corona di Kota Prabumulih terbilang baik. Hal tersebut dilihat dari berkurangnya jumlah kasus pasien positif covid-19 di Kota Prabumulih secara signifikan.

Bahkan menurutnya, Prabumulih yang semula merupakan wilayah zona merah pertama di wilayah Sumsel yang jumlah kasus positif covid-19 terbanyak kini berhasil turun menjadi peringkat ke tujuh di Sumsel. Tentunya, hal ini tak terlepas dari kerja keras Pemkot Prabumulih dan semangat kesadaran masyarakatnya dalam mencegah penularan virus corona.
"Mengurangi jumlah kasus covid-19 tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk penambahan jumlah pasien yang sudah sembuh. Tapi Kota Prabumulih bisa melakukan itu secara perlahan namun pasti. Saya sangat mengapresiasi kinerja Pemkot Prabumulih bersama Gugus Tugas covid-19 dalam menekan angka penularan virus ini dengan baik," ujar Herman Deru.

Masih kata Deru, meskipun keterbatasan anggaran akan menjadi permasalahan di kemudian hari bagi Pemkot Prabumulih dalam melaksanakan PSBB, Pemerintah Provinsi Sumsel siap untuk mendukung dan menyokong kebutuhan Pemkot Prabumulih. Khususnya dalam hal bantuan pangan untuk masyarakat yang terdampak covid-19, dengan demikian pelaksanaan PSBB yang bertujuan untuk mencegah penyebaran corona lebih luas dapat diminimalisir serendah mungkin.

"Maka dari itu, penerapan PSBB ini tidak akan berjalan lancar tanpa adanya dukungan penuh dari masyarakatnya. Tapi saya yakin Prabumulih pasti bisa, karena belum dilaksakan PSBB saja Prabumulih sudah ada hasil dalam menekan angka penyebaran virus ini. Saya hanya berpesan kepada masyarakat untuk tetap jaga pola hidup sehat dan dukung upaya pemerintah dalam memerangi wabah virus ini, sehingga keadaan bisa kembali normal seperti semula," imbuhnya.
Sementara itu, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, mengaku upaya yang dilakukan Pemkot Prabumulih dalam mencegah penyebaran wabah virus corona di Kota Prabumulih adalah bentuk kerja nyata yang tidak hanya sekedar menjalankan tugas saja. Menurutnya usaha yang telah dilakukan selama ini sudah sesuai dengan prosedur dan arahan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Diantaranya yakni melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh wilayah di Kota Prabumulih. Bahkan penyemprotan ini telah dilakukan sebanyak lima kali yang juga didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, Pemkot Prabumulih juga telah menyalurkan bantuan sembako berupa beras dan mie instan kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Bantuan tersebut telah disalurkan sebanyak 37 ribu lebih kepada masyarakat. Bantuan ini pun sudah disalurkan dua tahap meskipun keuangan Pemkot Prabumulih dalam keadaan tidak stabil akibat adanya pemangkasan dari pusat.
Begitu juga dengan pembagian puluhan ribu masker gratis kepada masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Pemkot Prabumulih dalam memerangi wabah corona.

"Tidak hanya itu, kita pun tidak henti-hentinya menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan. Bahkan sosialisasi ini tidak hanya disampaikan melalui media masa saja namun juga kita lakukan langsung dari rumah ke rumah warga saat menyalurkan bantuan sembako," jelasnya.

Orang nomor satu di Kota Prabumulih ini mengaku yakin, upaya pencegahan penyebaran virus corona yang telah dilakukan memilik efek positif. Hal ini terbukti dengan berkurangnya jumlah kasus covid-19 di Prabumulih.

"Karena kita yakin usaha tidak akan mengkhianati hasil. Untuk itu kita tetap meminta dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat agar Prabumulih bisa mengahadapi masalah ini dengan baik," tandasnya. (adv/LN01)




Posting Komentar