Prabumulih, LapartaNews - Memasuki fase penerapan new normal pasca Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Kota Prabumulih kini mulai memberikan harapan baru dalam roda perekonomian. Meskipun Kota Prabumulih telah kembali ke posisi aman atau zona hijau dari dampak penyebaran wabah virus corona disease atau covid-19, namun penerapan protokol kesehatan tetap menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh masyarakat maupun seluruh pelaku usaha.

Seperti yang saat ini dijalankan oleh Wedding Organizer (WO) Siang Malam, yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Cambai, Kecamatan Cambai. Setelah sempat vakum beberapa bulan akibat pandemi wabah virus corona kini WO Siang Malam kembali hadir dengan konsep dan nuansa baru untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa WO Siang Malam dalam menyelenggarakan resepsi pernikahan dan acara atau event lainnya.

Adapun konsep dan nuansa baru yang saat ini diusung adalah dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat. Hal ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bagi seluruh tamu undangan maupun pihak penyelenggara acara agar terhindar dari penyebaran wabah virus corona.

Owner WO Siang Malam Siska Nasril saat dikonfirmasi menjelaskan, penerapan protokol kesehatan dalam resepsi pernikahan oleh WO adalah hal yang sangat penting. Adapun hal utama yang dilakukan pihaknya dalam melayani vendor yang menggunakan jasa WO miliknya adalah dengan melakukan pendataan dan pengecekan kesehatan setiap vendor.

Hal yang sama juga diberlakukan bagi seluruh personel WO yang terlibat, diantaranya crew gedung, catring, dekorasi, fotografer, sanggar rias, make up artis, penyedia pakaian pengantin, penyedia kartu undangan dam souvenir, pembawa acara serta home music entertaiment. Seluruhnya diwajibkan menggunakan masker, face shiel atau perisai wajah, serta memakai sarung tangan karet pada saat acara.
Pengecekan suhu tubuh tamu undangan oleh crwe WO Siang Malam sebelum memasuki gedung resespi

"Sebelum tampil atau bekerja para crew ini terlebih dahulu harus membersihkan seluruh peralatan seperti camera foto, camera video serta alat-alat music dan microfon. Tidak hanya itu, penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh ruangan aula resepsi pernikahan juga dilakukan sebelum dan sesudah acara. Sehingga saat bekerja bisa jadi lebih nyaman," ujar Siska Nasril saat dibincangi, Sabtu (20/06/2020).

Pihaknya juga menyiapkan alat cuci tangan dan hand sanitizer yang wajib digunakan oleh setiap pengunjung atau tamu undangan yang hadir.

Sebelum masuk gedung setiap tamu akan dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas. Jika ada tamu yang kondisi suhu tubuhnya tidak normal maka pihak WO Siang Malam telah menyiasatinya dengan menyiapkan ruang transit agar tidak bergabung dengan tamu undangan lainnya.

Hebatnya lagi, pihak WO ini juga menyiapkan pena sekali pakai untuk mengisi buku tamu. Bagi tamu yang tidak membawa dan menggunakan masker maka pihanya juga menyediakan masker yang diberikan secara gratis kepada tamu undangan.

"Pengaturan jarak atau sosial distancing bagi setiap tamu undangan juga dilakukan di pintu masuk. Penerapan sosial distancing ini bertujuan agar tidak terjadi desak-desakan dalam antrian pintu masuk areal gedung," tutur Siska.

Untuk melayani konsumsi para tamu undangan yang hadir dalam acara resepsi pernikahan, pihak WO Siang Malam akan menempatkan petugas khusus yang akan melayani para tamu undangan. Sehingga tamu tidak mengambil dan menyentuh peralatan catring demi keamanan tamu-tamu lainnya.

"Masalah pelayanan konsumsi untuk tamu undangan ada dua pilihan yang akan kita tawarkan kepada vendor. Yakni makan di tempat atau pilihan nasi kotak. Untuk pilihan nasi kota menurut kami lebih efisien, karena dapat mengurangi antrian di meja catring. Tapi itu semua tinggal persetujuan dari pihak vendor yang ingin menggunakan jasa WO kita," jelasnya.
Petugas catring atau pramusaji WO Siang Malam dengan APD lengkap melayani tamu undangan yang akan menikmati menu santap siang dalam acara resepsi pernikahan

Untuk menghindari kontak fisik, pihaknya juga tidak memperkenankan tamu undangan bersalaman dengan pengantin secara langsung. Jaga jarak juga tetap dilakukan saat prosesi foto bersama, untuk itu pelaminan dibuat lebih luas agar sosial distancing berjalan dengan baik.

"Kami WO Siang Malam akan terus hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa kami. Di era new normal ini kita tetap menerapkan aturan protokol kesehatan agar acara resepsi pernikahan yang merupakan momen sakral bisa berjalan dengan nyaman dan aman," imbuh wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kota Prabumulih.

Sementara itu, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengapresiasi penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh WO Siang Malam. Menurutnya hal tersebut selaras dengan anjuran pemerintah kepada setiap pelaku usaha maupun pelaku industri yang ada di Kota Prabumulih.
"Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di tengah masyarakat," ungkap Ridho Yahya.

Orang nomor satu di Kota Prabumulih ini menuturkan, penerapan protokol kesehatan yang maksimal seperti yang dilakukan oleh WO Siang Malam hendaknya juga dilakukan bagi penyedia jasa WO lainnya di Kota Prabumulih. Protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat dan disiplin agar setiap tamu maupun pihak penyelenggara acara bisa terhindar dari paparan virus corona.

"Kepada seluruh masyarakat yang ingin menggelar resepsi pernikahan sudah mulai kita persilahkan. Namun tetap mengedepankan aturan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah seperti yang telah dijalankan dan dilaksanakan oleh WO Siang Malam," tandasnya. (LN 01)












Posting Komentar