Akses Jalan Kelok 44 terpaksa ditutup lantaran terjadi longsor tepatnya di kelok 10
Agam, LapartaNews - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Agam membuat Jalan Kelok 44 diterjang longsor. Akibatnya akses lalu lintas jalur Lubuk Basung-Bukittinggi ditutup sementara waktu.

Amblasnya Jalan Kelok 44 terjadi tepatnya di kelok 10, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya. Peristiwa ini terjadi pada Minggu malam (26/07/2020).

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan, penutupan sementara waktu tersebut sesuai dengan kesepakatan Dishub, BPBD dan Polres Agam karena bisa membahayakan pengendara yang melintas. Sebab longsor pada jalan menyebabkan badan jalan amblas kurang lebih sepanjang 10 meter dengan lebar 2,5 meter.

"Penutupan akses Jalan Kelok 44 terpaksa harus dilakukan, karena dapat membahayakan pengguna jalan khususnya kendaraan roda empat. Untuk sementara waktu arus lalu lintas dialihkan ke Palembayan," ujarnya saat dikonfirmasi Senin (27/7/2020).

Untuk penanganan selanjutnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUTR Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Agam mengingat ruas jalan tersebut merupakan akses vital antar kabupaten.

"Saat ini petugas dari instansi terkait sudah melakukan perbaikan. Namun kita belum bisa memastikan kapan jalan ini bisa beroperasi kembali," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, curah hujan tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah Sumatera Barat memicu terjadinya longsor di kawasan Kelok 44 tepatnya di Kelok 10 Nagari Maninjau.

Akibat peristiwa tersebut akses lalulintas hanya bisa dilewati menggunakan sistem buka tutup. Mengingat kondisi setempat kawasan rawan longsor, Dishub, BPBD dan Polres Agam memutuskan untuk menutup sementara jalan tersebut dan dialihkan ke Kecamatan Palembayan. (LN 01)

Posting Komentar