Agam, LapartaNews-Selain melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas, Operasi Patuh Singgalang 2020 Kepolisian Resor (Polres) Agam juga lakukan edukasi terkait pencegahan Covid-19.

Dalam amanat Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto yang dibacakan Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan saat gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2020, Kamis (23/7), ada empat penekanan yang menjadi perhatian.

“Pertama melaksanakan deteksi dini, dan pemetaan lokasi yang berpotensi terjadinya pelanggaran lalu lintas, kemacetan lalu lintas, dan penyebaran virus Covid-19,” ujar Kapolres Agam.
Dikatakan lebih lanjut, kepolisian juga melakukan pembinaan dan penyuluhan tentang pentingnya keselamatan lalu lintas dam pencegahan penularan virus Covid-19.

“Dalam melakukan tindakan hukum bagi pelanggar lalu lintas, kepolisian juga memperhatikan situasi dan kondisi masyarakat, karena masih dalam pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19,” tuturnya lagi.

Sementara itu, KBO Satlantas Iptu A Kusmayadi mengatakan, saat memeriksa kepatuhan pengendara, personil di lapangan juga dituntut untuk bisa memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada masa New Normal Covid-19.

“Saat memeriksa kelengkapan, personil juga memeriksa kelengkapan kesehatan pengendara seperti penggunaan masker, membawa hand sanitaizer dan kelengkapan lainnya,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, para petugas juga harus memberikan contoh protokol kesehatan Covid-19. Bagi pengendara yang mematuhi aturan lalulintas dan protokol kesehatan akan mendapat apresiasi dari pihak kepolisian.

Disebutkan, pihaknya tetap melakukan penindakan Preventif, Represif dan penegakan hukum dengan presentasi 40 persen Preventif, 40 persen Represif dan 20 persen Penegakan hukum dalam Operasi Patuh Singgalang 2020.

Dirilis Polda Sumbar, setidaknya ada 8 pelaggaran pengendara yang akan ditindak saat Operasi Patuh Singgalang 2020, antara lain tidak menggunakan pelindung kepala (helm), berbonceng tiga, knalpot blong atau racing, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi mobil, melawan arus, menggunakan gadget saat berkendara, kelebihan muatan dan over dimensi atau modifikasi berlebihan.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2020, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt. Maruhun, Kasat Pol PP-Damkar Agam, Kurniawan Syahputra. (AL)

Posting Komentar