Agam, LapartaNews-Puskesmas Tiku dan Muaro Putuih, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, membuka layanan swab test gratis bagi warga yang berusia 40 tahun ke atas, Rabu (29/7).
Kasi PNM Kecamatan Tanjung Mutiara, Weri Ikhwan mengatakan, swab test dilaksanakan satu hari dengan target untuk Puskesmas Tiku sebanyak 67 orang dan Muaro Putuih 29 orang, kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB.
“Swab test dilaksanakan untuk warga berusia 40 tahun ke atas dan diprioritaskan bagi yang akan melakukan perjalanan luar daerah. Kemudian warga yang sering berhubungan dengan orang banyak seperti sopir, pedagang, dan lainnya,” ujarnya.
Menurut Weri, swab test hanya bagi warga usia 40 tahun ke atas, karena diusia itu sangat rawan terpapar Covid-19, karena daya tahan tubuh lemah.
“Jika target untuk warga tidak tercapai, swab test akan diarahkan kepada pegawai yang berusia 40 tahun ke atas. ” imbuhnya.
Sementara itu, ulasnya, sampel swab test yang sudah diambil sore ini akan diantarkan langsung ke laboratorium Unand, untuk diperiksa karena Jum’at dan Sabtu libur Idul Adha 1441 hijriyah, hasil tes diharapkan bisa keluar Senin, (3/8).
Ditegaskan, swab test tidak dipungut biaya, karena dibiayai langsung oleh puskesmas. Warga yang akan melakukan pemeriksaan cukup membawa foto copy kartu keluarga.
“Bagi warga yang sudah melakukan swab test dan ingin bepergian tapi hasilnya belum keluar, kita bisa memberikannya surat keterangan,” tukas Weri.
Hal ini, karena hasil swab test keluar membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 hari, tergantung banyak sampel yang diperiksa di laboratorium. (AL) 

Posting Komentar