Agam, LapartaNews-Ribuan dokumen kependudukan telah dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, sejak diluncurkannya inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dengan WhatsApp (Pak Dewa).
Kepala Disdukcapil Agam, Misran, Minggu (5/7) mengatakan, selama lebih kurang tiga bulan inovasi Pak Dewa berjalan, pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 16.071 dokumen kependudukan.
Dari pengurusan dokumen, yang paling banyak yaitu dokumen cetak KTP, sebanyak 10.423 keping. Kemudian pengurusan kartu keluarga, sebanyak 2.994 lembar.
Sedangkan untuk dokumen akta kelahiran, pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 1.105 lembar, dan dokumen rekam KTP sebanyak 1.549.
“Sejak Pak Dewa berjalan, sudah 16 ribu lebih dokumen diproses. Artinya, inovasi Pak Dewa sangat efisien dalam pengurusan dokumen kependudukan,” ujarnya.
Dijelaskan Misran lagi, dengan Pak Dewa masyarakat hanya mengirimkan berkas dari rumah saja. Dokumen diproses dan diambil setelah menerima konfirmasi dari admin.
Selain itu, Pak Dewa mempermudah proses pengurusan dokumen, karena masyarakat tidak perlu ribet untuk memfotokopi dan melengkapi berkas lainnya.
“Yang terpenting Pak Dewa sangat berarti dalam mengurangi kerumunan warga yang sedang mengurus dokumen ditengah pandemi Covid-19,” jelasnya. (AL) 

Posting Komentar