Subscribe Us

Shalat Ied Ditengah Pandemi Covid-19 di Agam Berlangsung, Surya Wendri : Kesadaran Masyarakat Terapkan Protkes Cukup Tinggi



Agam, LapartaNews-Meski ditengah pandemi Covid-19, pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 Hijriyah di halaman Kantor Bupati Agam, Jum'at 31 Juli 2020, berlangsung khidmat.
Shalat yang diimami H. Jarnaini dan Khatib Marva Edison dimulai pukul 07.20 WIB, diikuti Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, Kakan Kemenag Agam, Edy Oktafiandi, Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan, Sekdakab Agam, Martias Wanto, segenap pejabat Agam dan ratusan masyarakat.
Pelaksanaan shalat Ied digelar dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.
Pantauan di lapangan, pukul 06.45 WIB jemaah sudah mulai ramai datang ke lokasi shalat dengan menerapkan protokol kesehatan.
Kabag Kesra Setdakab Agam, Surya Wendri menyebutkan, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan cukup tinggi. Sebelum masuk jemaah diarahkan untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.
Tempat cuci tangan, katanya, disediakan sebanyak enam unit yang ditempatkan di pintu masuk, setelah mencuci tangan langsung pengukuran suhu oleh petugas medis RSUD dan Puskesmas Lubuk Basung.
“Kita juga menyediakan masker bagi jemaah yang lupa membawanya, serta pengaturan jarak jemaah,” ujarnya.
Ia mengaku khawatir yang saat itu cuaca sudah mulai buruk, sehingga Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri minta untuk mempercepat pelaksanaan shalat tanpa memberikan sambutan seperti tahun sebelumnya.
Kakan Kemenag Agam, Edy Oktafiandi menyebutkan, menyambut hari raya Idul Adha 1441 hijriyah berbeda dari tahun sebelumnya, yang biasanya dimeriahkan dengan takbir keliling tapi kali ini hanya dilakukan di masjid dan mushala untuk mengatasi kerumunan.
“Begitu juga dengan pelaksanaan shalat yang harus menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” imbuhnya. (AL) 

Posting Komentar

0 Komentar