Ogan Ilir, LapartaNews - Enam dari 7 pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Sumsel, Jum’at (26/2/2021) sekitar pukul 14.00 Wib dilantik oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Griya Agung Palembang setelah mengantongi Izin dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri.

Salah satu dari pasangan Bupati dan Wabup yang dilantik, Panca Wijaya Akbar dan H Ardani yang merupakan Bupati dan Wabup terpilih Kabupaten Ogan Ilir (OI) periode 2021-2026.

Pelantikan berlangsung khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat dengan jumlah tamu undangan terbatas yakni Pelaksana Harian (Plh) Bupati, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), dan Forkopimda.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD OI Dra Muhsina, MM., ketika dimintai keterangan awak media mengatakan walaupun secara tatap muka acara pelantikan bupati dan wabup di istana Gubernur Sumsel di Palembang, namun upacara pelantikan itu bisa disaksikan di daerah masing-masing secara virtual.

Seperti di Kabupaten OI, prosesi pelantikan itu dapat disaksikan secara virtual di ruang rapat paripurna DPRD OI.

“Kendati hanya virtual, tamu yang diundang untuk menghadiri acara inipun dibatasi yakni hanya anggota DPRD OI, Kepala OPD OI, Camat, Ketua dan Komisioner KPU OI serta Bawaslu OI,” katanya.

Muhsina menjelaskan, pentingnya tamu dibatasi karena sesuai aturan prokes dan usai acara ini,  diminta oleh pihak Provinsi Sumsel untuk melaporkan daftar absensi para tamu undangan yang hadir.

Hal tersebut berlaku bagi 6 Kabupaten/Kota yang mengikuti proses pelantikan secara virtual hari ini.

Lanjutnya lagi, untuk acara serah terima jabatan (sertijab) Bupati dan Wabup terpilih Kabupaten OI ini akan dilaksanakan Senin, (1/3/2021) mendatang.

“Rencananya, sertijab akan diadakan senin depan ini, selesai sertijab, rapat paripurna,” tutupnya. (**)


Posting Komentar