Muara Enim, LapartaNews - Mengawali kegiatannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang), H. Riswandar, S.H., M.H., menyerahkan kunci bedah rumah kepada warga tidak mampu. Bantuan ini diberikan melalui Program Baznas Kabupaten Muara Enim  kepada Harnili warga Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim.

Selain bantuan rumah juga dilakukan penyerahan kartu Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) kepada muzaki atau sebutan bagi orang yang telah berzakat di Baznas Kabupaten Muara Enim, Selasa (16/02).

Asisten Perekobang berharap dengan melalui program bantuan ini dapat mempercepat program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Muara Enim, yang mana salah satunya diwujudkan dengan pemberian rumah yang layak huni bagi masyarakat kurang mampu.

Dalam sambutannya Asisten Perekobang menjelaskan bahwa penyaluran zakat Baznas, khususnya dari zakat yang telah diterima dari para muzaki ini merupakan bagian dari Program Muara Enim Sejahtera 2018-2023 dalam mendukung visi Kabupaten Muara Enim Merakyat, yaitu Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.

Hal tersebut telah tertuang dalam amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011.

Asisten Perekobang menilai sebagai lembaga pemerintah nonstruktural, Baznas berkewajiban melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan koordinasi dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat yang insyallah dikelola secara amanah, transparan, akuntabel, profesional dan berkualitas.

"Kita ucapkan selamat kepada bapak Harnili atas telah dibangun dan berdirinya rumah yang representatif ini, semoga dapat bermanfaat dan dirawat dengan baik," ungkapnya.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh ASN untuk taat dalam memberikan zakat, terutamanya dengan telah diterbitkan Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 56 Tahun 2019 sehingga nantinya dapat meningkatkan penerimaan zakat demi kemaslahatan umat di Kabupaten Muara Enim. (**)

Posting Komentar