Tanjung Enim, Lapartanews - Adiwiyata,a secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Green School merupakan salah satu program yang dikembangkan.Green School lebih bermakna pada pembentukkan sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hal ini diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya.

Dari hal itulah sebagai salah satu perusahaan pertambangan yang sangat peduli dengan lingkungan sekitar wilayah penambangan PT.Pama Persada Nusantara Jobsite Tanjung Enim melalui Corporate Social Responsibility (CSR) nya memberikan pembinaan kepada beberapa sekolah yang ada di wilayah kecamatan Lawang kidul Kabupaten Muara Enim dalam program Adiwiyata ini.

Hal itu di wujudkan dalam kegiatan Penanaman pohon bersama masyarakat PT.Pama dan kader Adiwiyata yang berlangsung di Kelurahan Tanjung Enim Selatan (TES) Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim,Selasa (16/03/2021). 

Hadir dalam kegiatan ini Camat Lawang Kidul yang di wakili Kasi Pemerintahan Desa dan Pembangunan Ispahami,SKM.MM Lurah Tanjung Enim Selatan Abdul Halim Koordinator CSR PT.Pama Faizal Imron dan CSR Officer Joko Budi beserta Team Babinkamtibmas Kelurahan TES Aipda Heriyanto Babinsa Koptu Nyamadi dan Kepala Sekolah SD 16 Lawang Kidul Hj.Riza Yustanti,Spd MM serta kepala sekolah dan dewan guru serta siswa siswi dari Ke 5 SD yang menjadi binaan di antara nya SDN 16 Laki SDN 7 Laki SDN 21 Laki SDN 13 Laki dan SDN 3 Lawang Kidul (Laki).

Dalam kesempatan ini Camat Lawang Kidul Andrille Martin yang di wakili Kasi Pemerintahan Desa dan Pembangunan Ispahami SKM.MM menyampaikan dukungan nya terhadap program dan kegiatan ini.

"Kami berterimakasih atas program Penanaman pohon ini dari CSR PT.Pama juga atas pembinaan nya dan memfasilitasi  sekolah untuk ikut event nasional dalam program Adiwiyata ini,kami sangat mendukung semoga kedepan nya tetap berlangsung dan menjadi contoh bagi yang lain dan juga nanti di bina juga sekolah sekolah yang lain," ungkapnya.

Kepala Sekolah SDN 16 Lawang Kidul Hj.Riza Yustanti,Spd.MM salah satu SD yang menjadi binaan CSR Pama dalam program Adiwiyata ini mengatakan dengan singkat ucapan terimakasih nya.

"Kami berterimakasih kepada CSR Pama yang telah membina dan memfasilitasi ini,semoga dengan penanaman pohon ini bumi kita tetap hijau," pungkasnya

Ada bermacam jenis tanaman yang di tanam  dalam kegiatan ini seperti Mangga, Matoa, Jambu Jamaika, Sukun, Nangkadak, Kedondong dan Petai.

Di tempat yang sama Koordinator CSR PT.Pama Faizal Imron menyampaikan rasa bangga nya atas kegiatan ini.

"Tujuan kita untuk menjaga sumber daya alam semoga bumi kita tetap hijau khusus nya di wilayah sekitar tambang,kami tidak hanya sekedar menambang saja tapi kami juga sangat peduli dengan lingkungan sekitar, dengan menanam pohon maka manfaat yang diperoleh tidak hanya untuk manusia, tapi juga satwa dan berkelanjutan hingga anak cucu kita nanti," paparnya.

Selanjut nya Faizal mengatakan hari ini ada 100 batang yang di tanam dari 2800 batang target penanaman setahun.

"Untuk hari ini ada 100 batang dengan bermacam jenis tanaman buah,dengan demikian sudah 700 batang yang di tanam di seluruh wilayah dari target 2800 batang dalam satu tahun," tutupnya. (Ya2N)

Posting Komentar