Muba, LapartaNews - Pandemi COVID-19 justru menyulut semangat  organisasi wanita di Kabupaten Musi Banyuasin terpacu. Mereka  berbuat  banyak  demi  mengabdi untuk masyarakat.

Organisasi kaum wanita Muba ini  memiliki banyak kegiatan  positif dalam mendukung program pemerintah salah satunya mensupport suksesnya program vaksinasi COVID-19.

Tepatnya hari ini, seluruh organisasi wanita sangat gembira menjalani vaksin COVID-19. Kegiatan vaksin serentak ini disaksikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza di Gedung Dharma wanita Sekayu, Rabu (31/3/2021).

Dalam sambutannya, wanita Inspiratif Hj Thia Yufada Dodi Reza mengajak seluruh organisasi kaum wanita Muba untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak ragu dan tak takut terkait vaksinasi COVID-19 demi keselamatan dan kesehatan bersama.

Selain itu, ia berpesan kepada yang baru selesai divaksin agar  beristirahat dan tetap menjaga kesehatan.

"Mari ibu- ibu kita berikan informasi seluas-luasnya dan yang positif kepada anggota dan masyarakat sekitar kita bahwa vaksin ini adalah ikhtiar dan sebuah impian kita. Kita sebagai umat muslim percaya bahwa kita diperintahkan untuk berikhtiar sebesar-besarnya sebelum kita menyerahkan segala sesuatunya kepada takdir Allah SWT," ungkapnya.

Thia Yufada juga menyampaikan apresiasi kepada organisasi kaum wanita atas partisipasinya dan  kepada Dinas Kesehatan atas inisiatifnya dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya yang sudah menyambut baik kegiatan pada hari ini. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar organisasi wanita di Muba sudah melakukan vaksin mandiri di organisasinya masing-masing terima kasih ibu untuk inisiatifnya. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini menjadi penyelamat, menjadi batuan bagi kita semua dalam menjaga kesehatan dan membawa berkah yang tidak ada habisnya bagi kita semua," tandasnya.

Senada, Kepala Dinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS dalam laporannya juga berharap kepada organisasi kaum wanita Muba agar mendukung suksesnya program vaksinasi COVID-19 dengan cara terus mensosialisasikan vaksin tersebut kepada anggota dan masyarakat setempat.

"Upaya sudah kita lakukan mulai dari mengatur tehadap regulasi, dan Alhamdulillah kita punya bupati yang sangat komit terhadap kesehatan. Regulasi dibuat, perencanaan dibuat, anggaran dialokasikan kemudian kita melakukan pelaksanaan, mulai dari antisipasi terhadap COVID-19 melalui 3 M dan lain sebagainya. Dan Upaya yang kita lakukan yaitu vaksinasi COVID-19. Mudah-mudahan dengan vaksin ini akan terbentuk apa yang kita harapkan," jelasnya.

Pelaksanaan vaksin COVID-19 di Kabupaten Musi Banyuasin, lanjut Azmi, sudah terlaksana dari tanggal 25 Januari mulai dari ASN, pejabat publik dan kesehatan sudah tercapai 96% dan lebih dari 70% semuanya sudah di vaksin.

"Walaupun target dari pelayanan publik ini cukup besar 36000, kita sudah merealisasikannya. Secara keseluruhan perbandingan baru 5 persen, tapi dari jumlah vaksin yang diberikan ke kita, Alhamdulillah sudah 91% sudah didistribusikan termasuk hari ini," terangnya.

Terakhir, Azmi menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan survei terhadap vaksin COVID-19. "Kita sudah melakukan survei, khususnya kepada tenaga kesehatan dari 100% tenaga kesehatan yang disuntik vaksin 87% tidak merasakan keluhan, ada 13% dengan keluhan jadi 87% tidak merasakan keluhan tidak sakit, tidak ada ngantuk dan tidak ada pegal. Dari 13% ada keluhan 30 % keluhan lapar dan mengantuk. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi motivasi bagi yang lain," pungkasnya. (ril/ags)

Posting Komentar