Subscribe Us

Rosidin Hasan Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati PALI

Gubernur Sumsel Herman Deru saat melantik Rosidin Hasan sebagai Penjabat Bupati PALI

PALI, LapartaNews - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru resmi melantik Dr H Rosidin Hasan MPdI sebagai Penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di Gedung Griya Agung, Kota Palembang, Rabu (24/3).

Sebelumnya, Dr H Rosidin Hasan MPdI menjabat sebagai Staff Ahli Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Namun, berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Rosidin Hasan akan memimpin Kabupaten PALI paling lama satu tahun.


Gubernur Sumsel, H Herman Deru berpesan agar Pj Bupati PALI dapat mengantarkan proses demokrasi di Kabupaten PALI. Dimana Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten PALI dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

"Kita harap saudara Rosidin mampu mengantarkan proses demokrasi di PALI sukses. Karena, ada 4 TPS yang PSU, pantau jalannya PSU, mulai dari distribusi undangan sampai dengan penghitungan harus berdasarkan mekanisme yang berlaku,” ucap Deru.


Deru memberikan tenggat waktu kepada KPU Kabupaten PALI untuk melaksanakan PSU dalam kurun waktu paling lambat 30 hari setelah pengangkatan Pj Bupati PALI. Dan meyakini jika Pj Bupati PALI yang sekarang menjabat dapat melaksanakan tugas dengan baik sampai Bupati PALI terpilih dilantik.

"Saya pilih pak Rosidin ini karena tau track record beliau, dari menjabat di Kementerian Agama, Dinas Sosial hingga Staff Ahli. Saya yakini dia orang yang tidak akan terkontaminasi pusaran politik di PALI,”jelasnya.

Deru menuturkan, KPU dan Bawaslu Provinsi bisa mendampingi KPU dan Banwaslu Kabupaten dalam pelaksanaannya. Mulai dari proses distribusi undangan, pencoblosan hingga penghitungan suara.


"Hak masyarakat untuk menyalurkan suara harus diakomodir. Penyelenggaran juga harus transparan. Sehingga, tidak menimbulkan kecurigaan dari berbagai pihak hingga menimbulkan konflik," ungkapnya.

Deru berpesan, kepada tim sukses kedua calon Bupati dan Wakil Bupati untuk berjuang dengan penuh kesopanan. Jaga nama baik daerah yang memiliki kearifan lokal dan sangat dijunjung tinggi.

"Siapapun yang terpilih adalah warga Sumsel yang tentu memiliki pertanggungjawaban moril untuk menjunjung tinggi menjaga zero conflict," tuturnya.


Sementara, Pj Bupati PALI, Dr H Rosidin Hasan MPdI mengatakan, dirinya bersama pihak terkait memastikan PSU Pilkada PALI berjalan tanpa adanya gejolak yang memunculkan konflik.

"Besok pagi kami rapat dengan Forkopimda agar ini sukses tanpa persoalan baik dari pemilih dan kedua kandidat yang bisa menerima hasil dengan lapang dada. Selesai direkap oleh KPU dan proses pengawasan Bawaslu diterima, mungkin pada saat tertentu di hari berikutnya kita panggil baik kandidat dan timses," pungkasnya. (Adv/LN 02)

Posting Komentar

0 Komentar