Tanjung Enim, Lapartanews - Plh Bupati Muara Enim Dr.H.Nasrun Umar,SH.MM bersama Sultan Palembang Darussalam Ir.H.Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin meresmikan Pemugaran Makam Puyang Lawang kidul (Puyang Syekh Muhammad Ilyas) di Bedeng Obak, Dusun VI, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (3/4/2021).

Hadir dalam peresmian tersebut Kepala OPD Pemkab Muara Enim, Kakan Kemenag, Kabag Kesra, Camat Lawang Kidul, Kapolsek, Danramil, Kepala Sumbai Marga Lawang Kidul, Managemen PT Bukit Asam, Kades Lingga beserta tokoh agama tokoh masyarakat tokoh adat, alim ulama yang ada di Kecamatan Lawang Kidul dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Plh Bupati Muara Enim Dr.H.Nasrun Umar, SH MM mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan masyarakat Lawang Kidul beliau mengucapkan selamat datang kepada Sultan Palembang Darussalam Duli Yang Maha Mulia (DYMM) Ir.H.Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin di Bumi Serasan Sekundang dan juga terima kasih kepada seluruh masyarakat Marga Lawang Kidul atas telah selesainya pemugaran makam puyang yang mana peletakan batu pertama dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2020 yang lalu.

HNU juga mengatakan rasa bahagianya  dapat memenuhi undangan dari Kepala Sumbai Marga Lawang Kidul Temenggung Aryaguna Dedi Sigarmanudin Bin Asmara Jaya Arpa Bastari dalam acara Haul Puyang Syekh Muhammad Ilyas Bin Abdullah Suryadiningrat seorang ulama yang dipercaya menyebarkan ajaran Islam di sepanjang aliran Sungai Enim khususnya di Marga Lawang Kidul ini.

"Tentunya pemugaran ini tak hanya dimaksudkan sebagai usaha pelestarian nilai-nilai budaya dan sejarah semata melainkan juga sebagai bentuk penghargaan dan usaha memuliakan leluhur sekaligus ulama kita ini,agar keberadaannya tetap dikenang. Khususnya bagi generasi penerus sehingga mereka pun mengetahui jati diri maupun asal usul marga Lawang Kidul ini," jelasnya.

Selanjutnya Nasrun juga mengucapkan terima kasih atas semua usaha keikhlasan dan swadaya masyarakat dalam memugar makam puyang Lawang Kidul ini termasuk kepada PT.Bukit Asam Tbk dan Baznas Muara Enim semoga usaha dan niat baik kita bernilai ibadah.

"Harapan saya keberadaan maupun kondisi makam ini tetap kita jaga dan kita rawat bersama nantinya dinas terkait salah satunya dinas pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menambah beberapa fasilitas  sarana dan prasarana pendukung lainnya. Sehingga keberadaan makam ini dapat menjadi salah satu alternatif destinasi khusus nya wisata Religi dan sejarah dalam konsep kota wisata tambang di Tanjung Enim ini," pungkasnya.

Ditempat yang sama Sultan Palembang Darussalam Duli Yang Maha Mulya (DYMM) Ir.H.Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dalam kata sambutannya berharap agar makam para leluhur dapat dijaga.

"Saya sangat bersyukur atas diresmikan pemugaran makam puyang Lawang Kidul Syekh Muhammad Ilyas bin Abdullah Suryadiningrat ini,agar kira nya makam Para ulama ini dapat di jaga," harapnya.

Sementara di sela acara Camat Lawang Kidul Andrille Martin,SE dibincangi awak media mengatakan "Saya pribadi sangat bangga melihat kekompakan masyarakat dalam melestarikan tempat-tempat bersejarah Insya Allah apa yang dilakukan ini menjadi amal dan ibadah bagi kita semua," tutupnya.

(Ya2N)

Posting Komentar