Muba, LapartaNews - Mengingat beban sistem kesehatan Indonesia dalam penanganan Covid-19 semakin tinggi, maka pemerintah dalam hal ini Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran nomor 9 Tahun 2021, Tentang Ketentuan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19, Dalam Rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Tingkat Desa/Kelurahan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Muba sejak pertengahan April lalu sudah mengoptimalkan keberadaan Posko Penanganan dan pengendalian Covid-19 tingkat desa dan kelurahan. Optimalisasi Posko ditingkat Desa dan Kelurahan ini adalah sebagai wujud PPKM berbasis mikro.

Hingga hari ini, Sabtu 01/05/2021 Posko-posko ditingkat desa dan kelurahan di Kabupaten Muba semua tanpa terkecuali masih aktif, tidak pernah seharipun libur, para petugas stand by sepanjang hari.

Demikian juga di Kelurahan Soak Baru, Posko Covid-19 di kelurahan yang dipimpin oleh Bastari, selalu aktif tidak pernah satu hari pun tampak kosong atau sepi, para petugas yang berjumlah 5 orang, dari berbagai lapisan masyarakat baik perangkat Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tenaga medis, petugas keamanan, standby selalu. 

"Mereka bekerja dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 WIB, setiap hari sampai akhir Juni, tidak ada hari libur. Kami buat sistem shift, biar tidak kelelahan terlebih di bulan puasa ini. Jadwal sudah kami atur dan susun sedemikian rupa, sehingga apabila ada yang berhalangan hadir sewaktu  bertugas, kami sudah siapkan penggantinya, dengan catatan memberitahukan lebih dulu," ujar Lurah Soak Baru, Kecamatan Sekayu-Bastari.

Ditanya awak media mengenai jumlah kasus Covid-19 di kelurahannya, lelaki yang dikenal dekat dengan para wartawan dan aktivis ini, menjawab, "Alhamdulillah sampai hari ini di kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Zero Case Covid-19, mudah-mudahan untuk seterusnya demikian" ujarnya optimis.

Dari pantauan media, posko ini sudah dilengkapi dengan sarana protokol kesehatan, di meja selain buku tamu dan buku untuk mencatat laporan masyarakat, ada juga satu kotak masker baru dan dua botol hand sanitizer, di bagian depan Posko disiapkan satu tabung besar berisi air jernih, yg telah dipasang kran, sabun cair di dalam botol kemasan, tak lupa pula dipasang jam dinding, serta cermin dan sisir.

Para petugas yang ada nampak bekerja dengan semangat meski menahan lapar dan haus karena berpuasa, mereka juga ramah, sambil tersenyum menyapa dan melayani tamu yang datang. (Ags)

Posting Komentar