Subscribe Us

Herman Deru Lantik Paguyuban Pujasuma Muaraenim

Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan silaturahmi bersama Pujasuma Kabupaten Muara Enim

Muara Enim, Laparta News - Gubernur Sumsel H Herman Deru menginginkan organisasi Pujasuma terus menjaga keaslian budaya  jawa dan menjadi organisasi yang selalu mendukung keberagaman suku dan agama di Sumsel.

Hal ini dikatakannya saat memberikan sambutannya pada pelantikan Pengurus Wali Daerah Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera (PUJASUMA) Kabupaten Muara Enim bertempat di desa Karang Endah Kecamatan  Gelumbang, Kamis (7/2).

Herman Deru mengatakan, dirinya bukan dari keturunan masyarakat jawa. Namun karena pergaulan sehari harinya dilingkungan masyarakat jawa  yang kental. Maka dirinya  terbiasa dengan  budaya  jawa dan bisa mengucapkan bahasa jawa dengan kental  namun lancar.

"Jujur Ayah saya bukan orang jawa.  Ibu Saya juga bukan jawa. Karena karena setiap hari interaksi dengan warga jowo, jadi saya bisa bahasa jawa,” tambahnya.

Saking dirinya menghargai orang jawa di OKU Timur. Ketika menjabat Bupati, dirinya memberlakuan hari khusus mengunakan bahasa jawa. Satu hari dalam satu bulan.

“Dulu saat menjadi Bupati di OKU Timur, saya membuat kebijakan satu hari dalam satu bulan harus menggunakan bahasa jawa," ujarnya.

Herman Deru menambahkan, dengan kearifan lokal  yang ada akan menjadi  modal bagi masyarakat jawa  di Sumsel untuk dapat mempertahankan adat istiadatnya, meskipun goncangan dari budaya terus membayangi untuk menghilangkan budaya asli.

"Saya ingin Pujasuma membawa misi adat kebudayaannya dan dapat berkumpul dengan organisasi-organsiasi yang ad di Sumsel.  Para pengurus yang sudah dilantik jalakan amanah ini dengan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Sementara itu Dr H Baryadi Selaku Wali Pujasuma Provinsi Sumsel mengaku bangga dan merasa bersyukur pelantikan hadiri langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru.

Dia mengatakan jadi pengurus Pujasuma tidak gampang karena Pujasuma merupakan organisasi yang sifatnya paguyuban. 

"Disumsel banyak suku, budaya dan etnis akan tetapi tetap selalu kondusif, kepada Pujasuma marilah kita jaga kepercayaan ini  dengan membuat suasana yang sudah kondusif terus berlanjut. Kita pegang teguh selalu mendukung dan membantu  program pemerintah," ujarnya. (Ril/LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar