Subscribe Us

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pemuda Pancasila


Prabumulih, LapartaNews – Banyak makna yang diartikan bagi para pemuda dalam memperingati momentum Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2019. Mengingat hari Sumpah Pemuda merupakan sejarah bagi bangsa Indonesia dalam mempersatukan pemuda untuk mengikrarkan janji setia sebagai pemuda Indonesia.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Prabumulih, Rifki Badai SH MKn mengatakan Sumpah Pemuda menjadi pondasi terbentuknya semangat persatuan bangsa Indonesia yang pada kala itu masih dikuasai oleh penjajah.

Sehingga, kata dia perlu adanya suatu formulasi mengenai persatuan bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme cinta indonesia yang kuat untuk meraih kebebasan dari belenggu kolonialisme.

“Tugas kita sekarang adalah, menjaga keutuhan NKRI yang telah dipersatukan lewat Sumpah Pemuda. Jangan sampai generasi muda Indonesia, disusupi dengan paham radikalisme,” ungkap Rifky Badai, Senin (28/10/2019).

Dahulu terang Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Prabumulih ini, para pejuang kemerdekaan berusaha mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), lewat ikrar Sumpah Pemuda, bertanah air satu tanah air Indonesia.

Sekarang lanjutnya, perjuangan tersebut telah membuahkan hasil kemerdekaan, penjajah berhasil diusir dari tanah air pertiwi Indonesia. Rifki pun berharap dalam momen peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, para pemuda dan pemudi harus sportif dan kritis serta dapat lebih berkreatif dan energik sehingga tetap menjadi pondasi terbentuknya semangat persatuan bangsa Indonesia.

“Jadikan momentum Sumpah Pemuda di tahun ini para pemuda dan pemudi sebagai ujung tombak pemersatu mewujudkan Indonesia Maju yang dinamis dan energik,” tegasnya. (red)

Posting Komentar

0 Komentar