Subscribe Us

Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 Kecamatan Sekayu Adakan Rapat Pasca Lebaran


Muba, LapartaNews - Jumlah kasus positif Covid-19 di kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba terus bertambah pasca lebaran yaitu 17 Kasus per 20 Mei 2021. Angka ini adalah tertinggi di Seluruh kecamatan di Kabupaten Serasan Sekate, dan termasuk zona merah.

Demi menekan dan mengurangi kasus positif Covid-19 ini, Camat Sekayu telah menerbitkan Surat Edaran Himbauan Tentang ProKes pada acara yang ditujukan kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa (Kades) di wilayahnya.

Merespon Surat Edaran tersebut, keesokan harinya Rabu 19/05/2021 Lurah Soak Baru-Bastari berserta jajarannya mengadakan Rapat Konsolidasi bersama Babinkamtibmas, Babinsa, dan tenaga kesehatan dari puskesmas setempat.

Dalam rapat tersebut Bastari membacakan Surat Edaran Camat Sekayu, dan mengajak seluruh perangkat kelurahan, para ketua RW dan RT agar tidak bosan-bosannya memberikan edukasi pentingnya melaksanakan protokol kesehatan (ProKes) kepada warga Soak Baru, khususnya yang akan dan sedang mengadakan acara pernikahan, hajatan, dan lain-lain yg melibatkan massa atau banyak orang.

"Mengingat pada pasca lebaran ini banyak warga khususnya masyarakat Soak Baru yang akan mengadakan resepsi dan hajatan, saya mengajak seluruh ketua RW dan Ketua RT agar memberikan himbauan dan arahan kepada sahibul hajat, dan tamu undangan agar menerapkan prokes, bila perlu lebih ketat lagi, jarak antar kursi minimal satu meter, wajib pakai masker, sediakan air cuci tangan dan sabun, tamu undangan batasi maksimal 50 persen dari kapasitas daya tampung. Sesuai arahan pak Camat, kita harus datang lebih awal dari jam acara untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan ProKes dan kita dokumentasikan," ungkapnya.

Mendapat kesempatan untuk menyampaikan pesan, Yulidar, tenaga kesehatan dari Puskesmas Sekayu, mengatakan bahwa, selaku tenaga kesehatan pihaknya juga berperan untuk menyampaikan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat.

"PHBS ini sangat penting demi untuk menjaga kesehatan kita, PHBS ini tidak saja protokol kesehatan tetapi lebih luas lagi, misalnya menjaga dan memelihara kebersihan badan, rumah serta lingkungan, sanitasi dan lain-lain. Kami harap kita dapat bersinergi dengan jajaran kelurahan Soak Baru untuk menyampaikan hal ini kepada warga masyarakat," pesannya.

"Satu hal lagi yang penting, masker yang kita bagikan itu untuk sekali pakai, jangan dicuci untuk dipakai ulang, jika selesai dipakai buang pada tempatnya dengan dirobek-robek dulu," imbuhnya.

Di akhir acara, lurah Soak baru melakukan serah terima bantuan satu box masker dan satu botol hand sanitizer kepada seluruh pihak masjid dan musholla yang ada di Kelurahan Soak Baru. (Ags)

Posting Komentar

0 Komentar