Subscribe Us

Sambut Gerhana Bulan, Umat Muslim di Prabumulih Gelar Sholat Berjamaah


Khatib berikan tausiah tentang gerhana bulan kepada jamaah Masjid Baiturahman

Prabumulih, Laparta News - Sejumlah masjid di Kota Prabumulih menggelar sholat gerhana bulan. Umat Muslim pun berbondong-bondong mendatangi masjid untuk menunaikan ibadah tersebut secara berjamaah. Mengingat fenomena gerhana bulan total hanya terjadi satu kali dalam 150 tahun, yang tepatnya jatuh pada Rabu (31/1).

Seperti yang terlihat di Masjid Baiturahman di komplek Perum Vina Sejahtera, RW 08, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur. Ratusan jamaah tampak memadati ruangan masjid. Sholat jamaah gerhana bulan tersebut dilakukan usai sholat magrib berjamaah.

Sebelum pelaksanaan sholat gerhana bulan dimulai, Imam Masjid Baiturahman, Hendri Jumardi ST menjelaskan tata cara dan bacaan sholat gerhana bulan kepada jamaah masjid Baiturahman.

Menurutnya, tata cara dan pelaksanaan sholat gerhana bulan berbeda dengan sholat wajib pada umumnya. Dalam pelaksanaan sholat tersebut dilakukan sebanyak dua raka'at. Yang mana, disetiap raka'atnya dilakukan dua kali rukuk.

"Sholat gerhana bulan ini kan baru pertamakali kita lakukan. Karena fenomena gerhana bulan total hanya terjadi satu kali dalam 150 tahun. Maka dari itu perlu diberikan penjelasan tentang tata cara pelaksanaannya," ujar Hendri.

Menurutnya, salat gerhana bulan maupun matahari bukanlah suatu tanda akan timbul kejadian yang aneh dan mengkhawatirkan. Gerhana, menurutnya, tidak lain adalah bukti kebesaran Allah.

"Sebagai bentuk wujud rasa syukur kita akan kebesaran Allah maka dianjurkan bagi umat Muslim untuk menunaikan ibadah ini. Bukan berarti kita menyembah bulan atau matahari," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Baiturahman, Suparman menungkapkan, sebelumnya pengurus masjid telah menyampaikan pemberitahuan kepada masyarakat untuk melaksanakan sholat gerhana bulan berjamaah. Antusias warga dalam menjalani ibadah sholat gerhana bulan tersebut cukup banyak.

"Alhamdulillah, sholat gerhana bulan berjamaah ini dapat terlaksana dengan khusuk. Karena memang sudah ada seruan dari Kementrian Agama agar seluruh masjid dan mushola menggelar sholat gerhana bulan berjamaah," tandasnya. (LN 01)

Posting Komentar

0 Komentar