Subscribe Us

Jokowi Kunjungi Kawasan Industri dan Pasar Tanjung Enim


Muara Enim, LapartaNews - Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking proyek hilirisasi batubara menjadi Dimetileter (DME) di Kawasan Industri Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim, Sumsel, Senin (24/01/2022).

Diawal sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ia telah berkali–kali menyampaikan mengenai hilirisasi, pentingnya industrialisasi, dan pentingnya mengurangi impor. Sudah 6 tahun yang lalu, telah diperintahkannya, tapi meskipun jangka 6 tahun belum bisa dimulai, Alhamdulillah hari ini bisa dilakukan groundbreaking proyek hilirisasi batubara menjadi DME.

Kemudian, Jokowi menyebutkan bahwa impor LPG Indonesia tinggi sekali mencapai 80 triliunan dari kebutuhan 100an triliun impornya. Itupun juga harus disubsidi sampai ke masyarakat karena harganya sangat tinggi, subsidinya antara 60 – 70 triliun.

“Pertanyaan saya apakah ini kita mau terus-teruskan, impor terus?Yang untung negara lain dan yang terbuka lapangan pekerjaan di negara lain, padahal kita memiliki bahan bakunya, kita memiliki raw materialnya, yaitu batu bara, yang dirubah menjadi DME," ujar Jokowi.

Menurutnya hampir mirip dengan LPG, setelah melihat langsung antara api LPG dan DME untuk memasak sama saja. Kalau ini yang dilakukan yang di Bukit Asam ini, yang bekerja sama dengan Pertamina dan Air Products bisa sudah berproduksi bisa mengurangi subsidi dari APBN sebesar 7 triliun kurang lebih.

Kalau semua LPG nanti disetop dan semua pindah ke DME tentunya besar sekali uang 67 triliun itu akan bisa dikurangi subsidinya dari APBN, ini yang terus dikejar selain akan memperbaiki neraca perdagangan karena tidak impor.

“Dan kalau impor LPG terus dilakukan maka Negara dan masyarakat akan terus dirugikan,” tegasnya.

Masih kata Jokowi, dengan proyek hilirisasi batu bara menjadi DME akan mampu membuka 11 – 12 ribu lapangan pekerjaan, dan kalau ada 5 proyek DME seperti ini di Indonesia akan ada 70 ribu lapangan pekerjaan akan tercipta, belum lapangan pekerjaan tidak langsung sekitar 2 – 3 kali lipat. Makanya ini dikejar terus, untuk memastikan selesai, dari 30 bulan seperti yang ditargetkan.

“Jangan ada mundur – mundur lagi. Dan harapan nantinya, setelah disini selesai, dimulai lagi di tempat lain, karena proyek DME ini hanya bisa mensuplai Sumsel dan sekitarnya kurang lebih 6 jutaan KK, karena deposit jauh dari cukup untuk urusan DME ini,”pungkas Jokowi.

Hadir mendampingi orang nomor satu di Indonesia pada kesempatan ini Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat Muhammad Yusuf Ateh, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail, Jajaran MIND ID dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Nicke Widyawati serta Presiden dan CEO Air Products and Chemicals, Inc (Air Products) yang hadir secara virtual dari Amerika Serikat.

Setelah acara Ground breaking proyek hilirisasi Batubara menjadi DME, Presiden Jokowi tidak lupa melakukan aktivitas seperti biasa yaitu blusukan ke Pasar Tanjung Enim, dengan menyapa para pedagang dan memberikan bantuan kepada pedagang serta tidak lupa membagikan buku dan baju buat masyarakat Tanjung Enim kecamatan Lawang kidul kabupaten Muara Enim.

Masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran Presiden Jokowi Widodo,merasa tak percaya kehadiran Presiden Jokowi Widodo ketengah masyarakat,dan masyarakat yang menerima bantuan dari Presiden Jokowi Widodo sangat berterima kasih terhadap bantuan yang diberikan.

Setelah selesai mengunjungi pasar Tanjung Enim dan membagikan baju kaos dan buku Presiden Jokowi Widodo rencana akan melanjutkan kembali perjalanan ke Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan.(Ya2n)

Posting Komentar

0 Komentar